IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA LITERASI DAN NUMERASI PADA KAMPUS MENGAJAR 6 DI SDN 01 KANIGORO

Destian Villania Putri, Elly Astuti

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi dan numerasi siswa SDN 01 Kanigoro yang memiliki tingkat literasi dan numerasi rendah. Bertepatan  dengan ditempatkannya mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6, mahasiswa memiliki program kerja yang dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Hasil evaluasi didasarkan patokan nilai akhir AKM, menunjukkan bahwa implementasi beberapa program yang direncanakan ternyata berhasil untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan secara langsung), praktek, wawancara, dan dokumentasi. Setelah program dilaksanakan, dapat dilihat bahwa nilai AKM yang diperoleh meningkat. yang mendapatkan nilai sekitar 35-65 pada pretest dan naik dengan nilai 65-90 pada postest.

Full Text:

PDF

References


Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Rr. Forijati. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.28

Barokah, N., Mardiana, R., & ... (2021). Implementasi Penggunaan Komputer sebagai Alternatif Media Pembelajaran terhadap Peningkatan Kesiapan Tes AKM bagi Kelas 5 Tingkat Sekolah Dasar atau Sederajat. SEMAI: Seminar …, 1, 143–161.

Daroin, A. D., Santoso, O. V. K., Pranidia, D. M. A., & Halimah, L. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Di Sdn 2 Gombang Tulungagung. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38. https://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i1.12670

Dewi, D. A., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2022). Implementasi Penerapan Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Di Kelas V Sd. COLLASE (Creative of …, 05(04), 653–660. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/11427

Dwi Noerbella. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2087

Hasanah, U., & Aeni, Y. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Upaya Peningkatan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik SMPN 2 Janapria. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 5(2), 88–92. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.254

Hidayat, M. (2017). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas Ix Ips Di Man Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 103. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p103-114

Hidayati, V. R., Ermiana, I., Haryati, L. F., Rosyidah, A. N. K., & Anar, A. P. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pembelajaran Literasi dan Numerasi Sebagai Upaya Pencegahan Learning Loss Akibat Pandemi. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 148–154. https://doi.org/10.25008/altifani.v3i1.344

Ifrida, F., Huda, M., Joko Prayitno, H., Purnomo, E., & Sujalwo. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94

Indriani Ari, Mayasari Novi, Junarti, & Prihatini Ika. (2023). Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar pada Kampus Mengajar Angkatan 5. 126–131.

Nasrullah, N., Ainol, A., & Waluyo, E. (2022). Analysis of the Numeracy Ability of Class Vii Students in Solving Akm (Minimum Competency Assessment) Class Problems (in Indonesian). Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(1), 117–124. http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i1.4109

Nurhanifa, N., Mutaqin, A., & Ihsanudin, I. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Rme Menggunakan Articulate Storyline Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Smp. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(4), 217. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.12856

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Putri, R., Lestari, S., & Pratiwi, C. P. (2022). Implementasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 785–791. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2972%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/download/2972/2333

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter