IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TSTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Okta Widyaningsih, Satrijo Budiwibowo, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray pada kelas XI. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan baik dalam penilaian kognitif, afektif, maupun psikomotorik dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray dikatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Habibi & Rusimamto.(2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto.Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Volume 03 Nomor 03 Tahun 2014, 669 – 677. (Diunduh pada tanggal 6 April 2018)

Paizaluddin & Ermalinda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Teoritis dan Praktis.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Selvianti, Ali, & Helmi.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XIIA SMAN 1 Lilirilau. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid 11 Nomor 1, April 2015 ISSN 1858-330x. (Diunduh pada tanggal 6 April 2018)

Ismawati,N & Hindarto, N.(2011).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (2011) 38-41, ISSN: 1693-1246 Januari 2011. (Diunduh pada tanggal 6 April 2018)

Yulianti, R, Muntari, &Haris, M.(2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Dengan Pendekatan Brain-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kediri. J. Pijar MIPA, Vol. X No.1, Maret 2015: 57-60, ISSN 1907-1744 (Cetak) ISSN 2410-1500 (Online). (Diunduh pada tanggal 6 April 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter