PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PUSKESMAS TAWANGREJO KOTA MADIUN

Dodik Krisdianto, Isharijadi Isharijadi, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh total quality management(TQM) dan penghargaan terhadap kinerja manajerial pada Puskesmas Tawangrejo Kota Madiun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dengan menggunakan seluruh  responden. Teknik analisis data yang digunakan meliputi statistik deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Total Quality Management (TQM) berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada Puskesmas Tawangrejo Kota Madiun. Penghargaan berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada PuskesmasTawangrejo.

Full Text:

PDF

References


Gasperz, V. (2011). Total Quality Management: untuk Praktisi Bisnis dan Industri. Jakarta: PT Niaga Swadaya.

Fahmi, I. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung:Alfabeta.

Jusuf, R, S. (2013). Analisis Pengaruh TQM, Sistem Pengukuran Kinerja dan Reward Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal EMBA, 1(3), 634-644.

Lowing, S., Tinangon, J., Walandouw, S. (2014). Total Quality Management (TQM) Pengaruhnya Terhadap Kinerja Manajerial Pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil V Manado. Jurnal EMBA, 2(2), 1055-1066.

Mardiyati, E dan Prabowo, M, A. (2014). Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management Dengan Sistem Penghargaan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial Studi Empiris Pada SMK Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Paradigma, 12(2), 1-20.

Mintje, N. (2013). Pengaruh TQM, Sistem Penghargaan Dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Mnajerial Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 52-62.

Nasution, M. N. (2015). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pamungkas, K. T. (2015). Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial (studi empiris di Perusahaan Daerah Pasar Surya). Jurnal Akuntansi, 6(2), 175-193.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter