PENGARUH KINERJA GURU DAN IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK N 5 MADIUN

Nurul Trihandayani, Supri Wahyudi Utomo, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja guru dan implementasi total quality management terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMK N 5 Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Akuntansi di SMK N 5 Madiun sejumlah 384 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini adalah teknik sampel random sederhana. Penentuan sampel pada penelitian menggunakan rumus Slovin. Jenis data yang digunakan adalah data ordinal. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang di ambil langsung di lapangan objek penelitian yaitu SMK N 5 Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Adapun analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 23. Berdasarkan hasil yang diperoleh secara parsial kinerja guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan, sedangkan implementasi total quality management berpengaruh positif signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Secara simultan kinerja guru dan implementasi total quality managementberpengaruh signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. ProsedurPenelitian: SuatuPendekatanPraktik. (EdisiRevisi). Jakarta: RinekaCipta.

Bangun, W. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Budi, S.P. 2014. Pengaruh Total Quality Management Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMA/SMK Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. 3. (2).7582.

Edward, S. 2008. Total Quality Management In Education (alihBahasa Ahmad Ali Riyadi). Yogyakarta: IRCiSoD.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M.S.P (2007), Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi Bumi Aksara, Jakarta: Grasindo..

Mangkunegara, P. A. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, H.E. 2007. manajemenSumberDayaManusia Cet. 9. Jakarta: BumiAksara.

Mulyasa, H.E. 2013. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah Cet. 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, H.E. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurul, I. 2017. Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-Idaroh. 1. (1). 62-86.

Prawirosentono, S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan Kiat Membangun Organisasi Kompetitof Era Perdagangan Bebas Dunia. Yogyakarta: BPFE

Priyatno, D. 2009. 5 Jam BelajarOlah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: Andi.

Priansa, D. J. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2011. Model-Model PembelajaranMengembangkanProfesionalisme Guru. Jakarta: RajagrafindoPersada.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi, dan Manajemen Negeri Sipil. Bandung: RefikaAditama.

Siregar, S. 2014. StatistikaDeskriptifuntukPenelitianDilengkapiPerhitungan Manual danAplikasi SPSS versi 17. Jakarta: Rajawali Press.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta

Suharno. 2008. Manajemen Pendidikan (Sebuah Pengantar Bagi Para Calon Guru). Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Suharsaputra, U. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Tim Dosen. Administrasi PendidikanUniversitas Pendidikan Indonesia. 2013. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yuniarsih, T dan Suwanto. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter