PENGARUH PERAN GURU DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK N 5 MADIUN
Abstract
guru dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa
kelas XI Akntansi di SMK N 5 Madiun. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner dan wawancara. Adapun analisis data
yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan bantuan
program SPSS For Windows Versi 23. Berdasarkan hasil yang
diperoleh secara parsial peran guru tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap motivasi belajar, sedangkan lingkungan
sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar.
Secara simultan peran guru dan lingkungan sekolah berpengaruh
terhadap motivasi belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Anggriani, A. (2014). Hubungan Keadaan Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi
Belajar Siswa Kelas V SDN No. 76/1 Sungai Buluh. Artikel Ilmiah.
Universitas Jambi. Hal : 2
Atmaja Prawira, P. (2016). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-
Ruzz Media.
Dimyati, Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Febriyanti, Harum Dwi, Supri Wahyudi Utomo dan Juli Murwani. 2014. Pengaruh
Pemanfaatan Buku Penunjang dan Jam Tambahan Belajar Terhadap Hasil
Belajar di SMAN 1 Wungu Kabupaten Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi dan
Pendidikan Vol.3(2), 108-117.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah, M. (2013). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi.
Kabpaten Gorontalo. Hal : 11
Maharany, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Peran Guru Dalam Prose
Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Al-
Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Bandar
Lampung. Hal : 110
Oktaviana, I. (2015). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Kelas V Sekolah Dasar Di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten
Batang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Semarang. Hal : 99-100.
Pakiding, S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah
Terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Motivasi Belajar Siswa SMK
Negeri Kecamatan Samarinda Utara. Jurnal Pendas Mahakam. Vol. 1 (2).
-249. Desember 2016. Universitas Widyagama Mahakam Samarinda.
Hal : 246.
Pamassangan, G. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar
Siswa SMP Negeri 5 Pasangkayu Kecamatan Baras Kabupaten Mamuju
Utara. Hal : 6.
Priyatno, D. (2009). SPSS Untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate Cetakan
Pertama. Yogyakarta: Gava Media.
Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed
Methods). Bandung: ALFABETA.
Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by
![]() | ![]() | ||||
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.