PENGARUH PERAN GURU DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK N 5 MADIUN

Pungky Puspita Sari, Supri Wahyudi Utomo, Anggita Langgeng Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh peran
guru dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa
kelas XI Akntansi di SMK N 5 Madiun. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner dan wawancara. Adapun analisis data
yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan bantuan
program SPSS For Windows Versi 23. Berdasarkan hasil yang
diperoleh secara parsial peran guru tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap motivasi belajar, sedangkan lingkungan
sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar.
Secara simultan peran guru dan lingkungan sekolah berpengaruh
terhadap motivasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Anggriani, A. (2014). Hubungan Keadaan Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi

Belajar Siswa Kelas V SDN No. 76/1 Sungai Buluh. Artikel Ilmiah.

Universitas Jambi. Hal : 2

Atmaja Prawira, P. (2016). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-

Ruzz Media.

Dimyati, Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Febriyanti, Harum Dwi, Supri Wahyudi Utomo dan Juli Murwani. 2014. Pengaruh

Pemanfaatan Buku Penunjang dan Jam Tambahan Belajar Terhadap Hasil

Belajar di SMAN 1 Wungu Kabupaten Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi dan

Pendidikan Vol.3(2), 108-117.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah, M. (2013). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada

Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi.

Kabpaten Gorontalo. Hal : 11

Maharany, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Peran Guru Dalam Prose

Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Al-

Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Bandar

Lampung. Hal : 110

Oktaviana, I. (2015). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Kelas V Sekolah Dasar Di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten

Batang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu

Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Semarang. Hal : 99-100.

Pakiding, S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah

Terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Motivasi Belajar Siswa SMK

Negeri Kecamatan Samarinda Utara. Jurnal Pendas Mahakam. Vol. 1 (2).

-249. Desember 2016. Universitas Widyagama Mahakam Samarinda.

Hal : 246.

Pamassangan, G. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar

Siswa SMP Negeri 5 Pasangkayu Kecamatan Baras Kabupaten Mamuju

Utara. Hal : 6.

Priyatno, D. (2009). SPSS Untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate Cetakan

Pertama. Yogyakarta: Gava Media.

Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed

Methods). Bandung: ALFABETA.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter