PENGARUH KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. MITRA INDONESIA MAKMUR SEJAHTERA

Aris Riadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan, (2) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan, dan (3) Pengaruh komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji koefisien regresi (R2), uji F, dan uji statistik t. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan, hipotesis  (1) Ada pengaruh antara komuniikasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Mitra Indonesia Makmur Sejahtera, hipotesis tersebut terbukti, dan dapat diterima kebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari analisis signifikansi menunjukkan X1 sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha sebesar 0,05. Sehingga komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Mitra Indonesia Makmur Sejahtera (2) Ada pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kepuasan kerja karyawan pada PT. Mitra Indonesia Makmur Sejahtera, hipotesis tersebut terbukti, dan diterima. Dari probabilitas signifikansi untuk X2 sebesar 0.010 lebih kecil dari nilai alpha sebesar 0,05. Sehingga lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Mitra Indonesia Makmur Sejahtera (3) Ada pengaruh secara keseluruhan antara pengaruh komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Mitra Indonesia Makmur Sejahtera. Hal ini ditunjukkan dari nilai F hitung sebesar 77,443 dengan tingkat keyakinan 95%, α = 5%, df 1 = 2, df 2 (n – k - 1) atau (30 – 2 - 1= 27), sehingga F tabel diperoleh sebesar 2,960. Oleh karena itu F hitung > F tabel (77,443 > 2,960), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya, variabel komunikasi (X1), lingkungan kerja (X2), berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja (Y),  hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi untuk variabel independent sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha sebesar 0,05. Sehingga komunikasi (X1), lingkungan kerja (X2), berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan  pada PT. Mitra Indonesia Makmur Sejahtera.
 
Kata Kunci : Komunikasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Anatasia Tania dan Eddy M. Sutanto. 2013. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan PT. DAI KNIFE di Surabaya.AGORA,1 (4). Danang Sunyoto. 2013. Manajeman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS. . . 2012.Teori Kuesioner, Analisis Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS. Edy. 2008. Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Perawat “Rumah Sakit Mata Dr Yap” Yogyakarta dengan Motivasi dan Kepuasann Kerja sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 2 (3). 159-174. Ernie Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah. 2008. Pengantar Manajemen. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

The FIPA (Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi – FPIPS IKIP PGRI MADIUN

Ferina Sukmawati. 2008. Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Fisik, dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan di PT. Pertamina (Persero) UPMS III Terminal Transit Utama Balongan Indramayu. Junal Ekonomi dan Bisnis. 2 (3). 175-194 Hadi purnomo, Prihatin Tiyanto Priagung Hutomo dan Jaluanto Sunu Pundjul Tiyoso. 2013. Analisis Pelatihan, Kompensasi, dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 1(1),16-29 Imam Ghozali.2011.Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ivancevich, John M, Robert Konopaske dan Michael T. Matteson. 2007. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga. Mangkunegara AA. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manajemen Perusahaan. Bandung: Rosda Karya. M manullang. 2013. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT Indeks. Moh, As’ad. 2012. Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty. Robbins, Stephen P dan Mary Coulter. 2010. Manajemen, Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. Sri Indiarti, Susi Hendriani dan Mutia Mahda. 2014. Pengaruh Faktor Kepribadian dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Regiona lIX BKN Pekanbaru. Jurnal Ekonomi. 22 (1), 7-16. Terry. George,R dan Leslie. W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. T. Hani Handoko. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, edisi kedua.Yogyakarta: BPFE. Virgana. 2011. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Educational Management,2 (01). Wendi Amsuri Nasution. 2013. Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Karya Deli Stelindo Medan. Jurnal Manajemen Bisnis STIE IBBI, 2 (20). Wilson Bangun. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga. Yuningsih dan Rika Anggrainie. 2008. Hubungan Komunikasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada CV Anugerah Semata di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 4 (3), 221-246.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter