PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGHASILAN DAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKN 5 MADIUN TAHUN AJARAN 2012/2013

Riza Oktavia Anjarsari

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Akuntansi di SMKN 5 Madiun, (2) Untuk mengetahui penghasilan orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Akuntansi di SMKN 5 Madiun, (3) Untuk mengetahui keterlibatan orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Akuntansi di SMKN 5 Madiun, (4) Untuk mengetahui tingkat pendidikan, penghasilan dan keterlibatan orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Akuntansi di SMKN 5 Madiun. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa. Dalam menganalisis data mengguankan bantuan program SPSS For Windows versi 16.0. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji korelasi, uji determinasi, uji f, dan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) Variabel tingkat pendidikan orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Akuntansi di SMKN 5 Madiun, (2) Variabel penghasilan orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Akuntansi di SMKN 5 Madiun, (3) Variabel keterlibatan orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Akuntansi di SMKN 5 Madiun, (4) Variabel tingkat pendidikan, penghasilan dan keterlibatan orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Akuntansi di SMKN 5 Madiun.

Full Text:

PDF

References


Argo Lacopa Arisana Dan Ismani, 2012. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 2. Diunduh tanggal 03 Maret 2013. Ari Nastuti dan Bambang Yudi Ariandi. 2010. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonami Orang Tua Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: Volume 13 Nomor 2 Juli – Desember. Diunduh tanggal 19 Februari 2013. Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA. Bilesaimi-Awoderu Jumoke Bukunola and Oludipe Daniel Ldowu. 2012. Effectiveness of Cooperative Learning Strategies on Nigerian Junior Secondary Students’ Academic Achievement in Basic Science. Nigeria: Journal of Education, Society & Behavioural Science, 2(3): 307-325, 2012. Chaeruddin. 2011. Keterlibatan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Dalam Rumah Tangga Di Desa Tambangan, Kecamatan Kanjang, Kabupaten Bulukumba. Lentera Pendidikan, Vol. 14 No 1 Juni 2011: 1-16. Diunduh tanggal 25 Februari 2013.

Cucum Sumiati, 2011. Hubungan Antara Persepsi Orang Tua Siswa Tentang Pendidikan Dan Tingkat Pendapatannya Dengan Minat Siswa Untuk Melanjutkan Sekolah Ke Tingkat SLTP ( Studi Pada Orang Tua Siswa di Desa Cibahayu Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya). Diunduh 02 Maret 2013. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Duwi Priyanto. 2011. Pemahaman Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom. Erlik Widiyani Styati dan Samsul Arifin. 2012. Statistik. Surabaya: CV.Istana. Hamid Darmadi. 2006. Korelasi Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Kualitas Pembelajaran Siswa Di Sekolah. Jurnal No. 1/XXV. Diunduh tanggal 23 Februari 2013. Indra Bastian. 2007. Akuntansi Pendidikan. Jakarta: Erlangga. Mulyasa. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Nur Widiasmara Irwan Nuryana Kurniawan. 2007. Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Anak Ditinjau Dari Motivational Belief, Persepsi Pada Invitation For Involvementdan Life Context. Naskah Publikasi. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara. Pratistya Nor Aini dan Abdullah Taman. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1, Tahun 2012. Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno, 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Refika Aditama. Reni Akbar- Hawadi, 2006. Akselerasi. Jakarta : PT Grasindo. Restoeningroem dan Satiza. 2011. Hubungan Antara Kompetensi Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XII IPS (3 kelas) dan XII IPA (1 kelas) DI SMA CENDERAWASIH 1 Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Diunduh tanggal 18 Februari 2013. Rusmin AR. 2006. Korelasi Antara Pendapatan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa. Forum Kependidikan, Volune 26, Nomor 1, September 2006. Diunduh 19 Februari 2013. Sinollah. 2012. Pengaruh Faktor-Faktor Motivasi Yang Diberikan OleH Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1Pare Kabupaten Kediri. Jurnal “OTONOMI” Vol. 12 No.2. April 2012.

Siti Nurhidayah. 2008. Pengaruh Ibu Bekerja dan Peran Ayah dalam Coparenting Terhadap Prestasi Belajar Anak. Jurnal Soul, Vol. 1, No. 2, September 2008. Diunduh tanggal 21 Februari 2013. Slameto, 2003. Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta. Soedomo Hadi. 2008. Pendidikan (Suatu Pengantar). Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Syaiful Bahri Djamarah, 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Tarmidi dan Lita Hadiati Wulandari. 2005. Prestasi Belajar Ditinjau Dari Persepsi Siswa Terhadap Iklim Kelas Pada Siswa Yang Mengikuti Program Percepatan Belajar. Psikologia Volume I No 1.Universitas Sumatera Utara. Tulus Tu’U. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Wina Sanjaya. 2008. Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media. Yustiana Wiwiek Iswanti CB. 2001. Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa SMU Tarakanita I. Jurnal. Diakses Jurnal Tesis. Zaenal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSD. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter