FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG DI BANK MUAMALAT CABANG MADIUN

Ida Lailatul Qodriyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya kehadiran bank syariah di Indonesia, salah satunya di Kota Madiun. Adapun salah satu bank yang berhasil menarik animo masyarakat Kota Madiun untuk menabung adalah Bank Muamalat Cabang Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh faktor prinsip operasional perbankan syariah, lokasi dan produk terhadap minat nasabah untuk menabung di Bank Muamalat Cabang Madiun.        Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4.474 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dengan menggunakan sampling insidental sehingga diperoleh sampel sebanyak 367 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari nasabah yang sedang bertransaksi di Bank Muamalat Cabang Madiun. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.        Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Prinsip operasional perbankan syariah secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah untuk menabung di Bank Muamalat Cabang Madiun. 2) Lokasi secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap minat nasabah menabung di Bank Muamalat Cabang Madiun. 3) Produk secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah untuk menabung di Bank Muamalat Cabang Madiun. 4) Prinsip operasional perbankan syariah, lokasi dan produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah untuk menabung di Bank Muamalat Cabang Madiun. Pihak bank hendaknya dapat terus meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya menabung dengan sistem syariah, misalnya dengan menyebarkan buletin atau brosur tentang prinsip operasional dan produk perbankan syariah secara berkala.

Full Text:

PDF

References


Alma, B., dan Priansa. 2014. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Assauri, S. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hasan, Nurul. 2014. Perbankan Syariah ( Sebuah Pengantar).Ciputat: GP Press Group. Hidayat, Irfan. 2012. Analisis Minat Beli Produk Gadai Emas Syariah Bank BPD DIY Syariah Ditinjau Dari Pengetahuan Terhadap Produk Dan Prinsip Operasional Gadai Emas Syariah. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, (http://www.digilib.uin-suka.ac.id, Diunduh 5 Desember 2015). Ifham, Ahmad. 2015. Ini Lho Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Kasmir. 2007. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Kasmir. 2008. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Machmud, A., dan Rukmana. 2010. Bank Syariah. Jakarta: Erlangga. Nurhayati, S., dan Wasilah. 2011. Akuntansi Syariah Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat. Pertiwi, Dita., dan Ritonga, Haroni. 2012. Analisis Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Muamalat Di Kota Kisaran. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Vol.1, No.1, (http://www.jurnal.usu.ac.id, Diunduh 17 Oktober 2015). Purwanto, Edy., dan Syamsuddin. 2010. Aspek-aspek Yang Mempengaruhi Masyarakat Menjadi Nasabah Di Bank BRI Syariah Cabang Solo. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol.11, No.1, (https://www.publikasiilmiah.ums.ac.id, Diunduh 19 Sptember 2015). Qomariah, Nurul. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jember). JEAM Vol X No.1/2011, (http://www.jurnal.unej.ac.id, Diunduh 27 September 2015). Rahmawaty, Anita. 2014. Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syar’iah Terhadap Minat Menggunakan Produk Di BNI Syari’ah Semarang. ADDIN, Vol.8, No. 1, Februari 2014, (http://www.journal.stainkudus.ac.id, Diunduh 27 Desember 2015) Sjahdeini, Sutan. 2014. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Yazid. 2005. Pemasaran Jasa.Yogyakarta: Ekonisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter