STRATEGI PEMASARAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING AMANAH FURNITURE

Nur Dwi Ma’rifatin, Isharijadi Isharijadi, Elana Era Yusdita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran di tengah pandemi Covid-19 untuk meningkatkan keunggulan bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Amanah Furniture agar mampu bertahan di tengah Pandemik COVID-19. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik Pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data informasi dan menarik isi kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Dampak Covid-19 sangat besar bagi usaha Amanah Furniture  utamanya pada penurunan omset  mencapai 45%, sehingga dilakukan berbagai upaya promosi yang awalnya sebelum masa pandemic hanya melalui cetak brosur, benner dan umbul-umbul saat ini lebih memanfaatkan sosial media. 2) Adanya motivasi selalu dijadikan pegangangan pemilik Amanah Furniture untuk berani memulai  (atau  melanjutkan)  untuk  berwirausaha ditengah pandemi

Full Text:

PDF

References


Arliani, L., Indrayani, L., & Tripalupi, L. E. (2019). Pengaruh Perilaku Pelaku Usaha dan Modal Usaha Terhadap Keberhasilan UMKM di Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi

Djatmiko, A., & Pudyastiwi, E. (2020). OBSTACLES AND CHALLENGES OF INDONESIA'S MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (UMKM) IN FACING THE COVID-19 PANDEMIC . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha , 8 (3), 117-123.

Filbert, E., Zaman, A. N., Prabowo, A. R., Nabila, F., & Chalifah, R. D. (2018). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Pada Industri konveksi" Scouth Shop" di Cibubur. In Seminar dan Konferensi Nasional IDEC ISSN (pp. 2579–6429). Universitas Sebelas Maret Surakarta. Retrieved from https://idec.ft.uns.ac.id/wp-

Hendrawan, A. (2019). Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk umkm asti gauri di kecamatan bantarsari cilacaP. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50-61.

Kasnelly, F. A. J. S. (2020). MENINGKATNYA ANGKA PENGANGGURAN DITENGAH PANDEMI (COVID-19). Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 45-60.

Luckandi, D. (2018). Analisis Transaksi Pembayaran Menggunakan Fintech Pada UMKM di Indonesia (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Oentario, Y., Harianto, A., & Irawati, J. (2017). Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 26-31.

Sari, M.R. & Lestari, R. 2019. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasaan dan Dampaknya Pada Minat dan Pembelian Ulang Konsumen Kereta Api Kelas Eksekutif Argo Parahiyangan. Jurnal Ilmu Manajemen, 15(1) , 30-44.

Tripayana, S., & Pramono, J. (2020). Kualitas Produk, Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan Dimana Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada UKM Start Up Pariwisata Kombuchi Brewing Co, Bali. JEMAP, 2(2), 182-195.

Nauly, Y. (2021). Penanganan Covid -19 Kabsor Ketika Ketua Satgas Ir Mohammad Said Noer M.Si. (Online). https://www.suarakarya.id/detail/127462/Penanganan-Covid-19-Kabsor-Ketika-Ketua-Satgas-Ir-Mohammad-Said-Noer-MSi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter