PENGARUH KOMITE DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA AKRUAL DENGAN KARAKTERISTIK DEWAN KOMISARIS SEBAGAI MODERASI

Catur Sarahwangi, Elva Nuraina, Farida Styaningrum

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk membuktikan bahwa karakteristik dewan komisaris memoderasi pengaruh komite audit dan kualitas audit terhadap manajemen laba akrual. Sumber data adalah sekunder dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel 40 perusahaan manufaktur yang berada pada Bursa Efek Indonesia selama periode 2017 sampai 2019. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan program IBM SPSS Statistic versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dewan komisaris tidak dapat memoderasi pengaruh komite audit terhadap manajemen laba akrual, dan juga tidak memoderasi pengaruh kualitas audit terhadap manajemen laba akrual. Manajemen laba dipangaruhi oleh komite audit secara negatif signifikan, dan juga manajemen laba dipangaruhi oleh kualitas audit secara negatif signifikan

Full Text:

PDF

References


Astuti, C. D., & Pangestu, N. (2019). Kualitas Audit, Karakteristik Perusahaan dan Manajemen Laba Riil. Media Riset Akuntansi, Audit & Informasi , 19 (2), 191-208.

Boedhi, N. R., & Ratnaningsih, D. (2017). Pengaruh Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba Melalui Aktivitas Riil.

Dewi, N. E., & Triani, N. N. A. (2018). Pengaruh Komite Audit Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 6(3).

Javaid, H.M., & Javid, S. (2017). Menentukan Kerangka Teori Agensi melalui Leverage Keuangan & Kepemilikan Orang Dalam. Jurnal Internasional Ekonomi dan Keuangan , 9 (3), 21-28.

Lestari, E., & Murtanto, M. (2018). Pengaruh Efektivitas Dewan Komisaris dan Komite Audit, Struktur Kepemilikan, dan Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba. Media Riset Akuntansi, Audit & Informasi , 17 (2), 97-116.

Mayanda, D. N., & Wardhani R. (2015). Analysis on Effect of Audit Committee Relative Status towards Risk of Firm Fraud Using the Audit Quality as Moderating Variable.16th Annual Conference Asian Academic Accounting Association.

Ningsih, S. (2015). Earning Management melalui Aktivitas Riil dan Akrual. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 16(01).

Prasetyo, A. B. (2014). Pengaruh Karakteristik Komite Audit dan Perusahaan terhadap Kecurangan Pelaporan Keuangan. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 11(1), 1-24.

Putra, B. P. D. (2015). Pengaruh Dewan Komisaris, Proporsi Komisaris Independen, terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 8(2).

Suriyani, P. P., Yuniarta, G. A., AK, S., & Atmadja, A. T., (2015). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2008-2013). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 3(1).

Ulina, R., Mulyadi, R., & Tjahjono, M. E. S. (2018). Audit Mutu dan Audit terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia. Tirtayasa Ekonomika , 13 (1), 1-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter