PENGARUH MOTIVASI DAN KESULITAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI

Wenthin Mei Lasari, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bagaimana pembelajaran daring mempengaruhi motivasi belajar, 2) bagaimana pembelajaran daring mempengaruhi kesulitan belajar, dan 3) bagaimana pembelajaran daring secara bersama-sama mempengaruhi motivasi dan kesulitan dalam belajar. Penelitian ini berjenis explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dimana nantinya peneliti mencari hubungan kausalitas berdasarkan hasil penelitian yang berupa angka pada mahasiswa program studi Pendidikan akuntansi Universitas PGRI Madiun. Jenis Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 82 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner online via google form dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa: 1) Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Pembelajaran Daring, 2) Kesulitan Belajar Berpengaruh Terhadap Pembelajaran Daring dan secara simultan menunjukkan bahwa Motivasi Belajar dan Kesulitan Belajar Berpengaruh Terhadap Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514.

Febriandar, E. I. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 498. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.253.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.

Hadiprasetyo, K., Exacta, A. P., & Maharani, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Selama Masa Darurat Covid-19 Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Ngadirojo Tahun Ajaran 2019/2020. Pendidikan, Sains Sosial Dan Agama, VI(2), 6–12.

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154–160. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853.

Haryadi, R., & Rosiana, I. (2020). Pengaruh Sistem Pembalajaran Daring Terhadap Motivasi dan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2), 136–141.

Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, 1–7. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625.

Hilmiatussadiah, K. G. (2020). Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 66–69.

I Gusti Agung Ayu Wulandari, & Gusti Ngurah Sastra Agustika. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.

Lee, E. (2017). Effects Of South Korean High School Students’ Motivation To Learn Science And Technology On Their Concern Related To Engineering. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 17(2), 549– 571. https://doi.org/10.12738/estp.2017.2.0160.

M, Suardi. (2018). Pengaruh Kepribadian Guru PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(2), 121– 128. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i2.494.

Pebruanti, L., & Munadi, S. (2015). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Di SMKN 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 365.

https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6490.

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Intro (PDFDrive ).pdf. In Bandung Alfabeta.

Rafendi, T. P., Pridana, R. E., Maula, L. H., Keguruan, F., & Sukabumi, U. M. (2020). Jurnal perseda. III(3), 115–120.

Ramadhon, R., Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2017). Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal Profit, 4(2), 203–213.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Safarati, R. N. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi. Genta Mulia, XII(1), 113–118.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168.

Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring To Draw Causal Claims From Non-Randomized Studies Of Primary Care Interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005.

Sur, W. A. A., HasanahMinhatul, & Mustofa, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika , ISSN 2599-3291 (Cetak), ISSN 2614-3933 (Online), 3(2), 40–54.

Turmuzi, M., Dasing, A. S. H., Baidowi, & Junaidi. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Secara Online (E-Learning) Selama Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 900–910.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji- mr.v1i1.252.

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar Pgsd …, 9(1), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29923.

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter