PENGARUH ARUS KAS TERHADAP LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2010-2013

Lilik Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh arus kas (yang terdiri dari arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan) secara parsial terhadap likuiditas pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan pengaruh arus kas (yang terdiri dari arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan) secara simultan terhadap likuiditas pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.  Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil yang didapat yaitu 12 perusahaan Food and Beverages. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus kas operasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap likuiditas. Semakin tinggi arus kas bersih operasi maka semakin meningkatkan likuiditas. Arus kas investasi secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap likuiditas. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah kas bersih dari aktivitas investasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penentuan likuiditas sebab diperoleh dari penjualan dan pembelian aset tetap yang tidak digunakan dalam menentukan likuiditas. Arus kas pendanaan secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap likuiditas. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah kas bersih dari aktivitas pendanaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penentuan likuiditas karena diperoleh dari adanya penerimaan sumber dana yang berasal dari kreditor sehingga tidak berperan dalam menentukan likuiditas perusahaan. Arus kas (yang terdiri dari arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan) secara simultan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap likuiditas. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah arus kas (yang terdiri dari arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan) yang diperoleh tidak berpengaruh secara signifikan dalam menilai likuiditas perusahaan.
 
Kata Kunci : Arus Kas, Likuiditas

Full Text:

PDF

References


Bambang Riyanto. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Dwi Martani, Sylvia Veronica NPS, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, dan Edward Tanujaya. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah: Berbasis PSAK. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat. Ecatarina Febiola Annisa. 2009. Pengaruh Arus Kas Operasi Terhadap Likuiditas pada PT PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Barat dan Banten.Universitas Komputer Indonesia, (http: //elib. unikom. ac. id/files/disk1/322/ jbptunikompp-gdl-ecatarinaf-16098-5-artikel.pdf, diunduh 3 Maret 2014). Farah Margaretha. 2011. Manajemen Keuangan: Untuk Manajer Nonkeuangan. Jakarta: Erlangga. Hanum Masayu Kirnasari. 2012. Pengaruh Arus Kas Terhadap Likuiditas Pada Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011. Universitas Negeri Surabaya, (http://elib.unikom. ac.id/files/disk1/322/jbptunikompp-gdl-ecatarinaf-16098-5-artikel. pdf, diunduh 4 April 2014). Husein Umar. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers. Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat. I Made Sudana. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori & Praktik. Surabaya: Erlangga. Imam Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro. Irham Fahmi. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Kieso, Donald E., Jerry J Weygandt, dan Terry D Warfield. 2007. Akuntansi Intermediate. Jilid 1. Terjemahan oleh Emil Salim. 2008. Jakarta: Erlangga. Munawir, S. 2010. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta. Noor, Mahmoud I., Abdulnaser Nour, Shkairi Musa, dan Saleh Zorqan. 2012. The Role of Cash Flow in Explaining the Change in Company Liquidity. Journal of Advanced Social Research, Vol. 2, No. 4, (http://www.researchgate.net/profile/Abdulnaser_Nour/publication/257066 312_The_Role_of_Cash_Flow_in_Explaining_the_Change_in_Company_ Liquidity/file/60b7d524455e027a3f.pdf, diunduh 10 Mei 2014). Nurul Hayati dan Christina Riani. 2011. Pengaruh Arus Kas Terhadap Likuiditas pada Perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di BEI. Jurnal Spread, Vol. 1, No. 1, (http://jurnalstiei-kayutangi. ac.id/downlot. php? file=5. PENGARUH%20ARUS%20KAS%20TERHADAP%20LIKUIDITAS%2 0PADA%20PERUSAHAAN%20TELEKOMUNIKASI.pdf, diunduh 4 Maret 2014). Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi: Konsep & Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga. Samryn, L.M. 2012. Pengantar Akuntansi: Mudah Membuat Jurnal dengan Pendekatan Siklus Transaksi. Jakarta: Rajawali. Soemarso S.R. 2005. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat. Sofyan Syafri Harahap. 2012. Teori Akuntansi. Jakarta: Rajawali. Sofyan Yamin dan Heri Kurniawan. 2009. SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek. Subramanyam, K. R. dan John J. Wild. 2008. Analisis Laporan Keuangan: Financial Statement Analysis. Buku 1.Terjemahan oleh Dewi Yanti.2012. Jakarta: Salemba Empat. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta. . 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter