PENGARUH SELF EFFICACY DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 GEGER

Gita Yuliyanti, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah self efficacy dan lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada siswa SMKN 1 Geger. Penelitian dilakukan pada kelas XI AK1 dengan jumlah 28 siswa dan kelas XI AK2 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik angket. Hasil menunjukkan, self Efficacy berpengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat dengan koefisien sig=0,000<0,05. Lingkungan teman sebaya berpengaruh yang signifikan terhadap minat dengan koefisien sig=0,002<0,05. Self efficacy dan lingkungan teman sebaya secara simultan berpengaruh yang terhadap minat belajar dengan koefisien sig=0,000<0,05.

Full Text:

PDF

References


Awisol. (2007). Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Press.

Arikunto. (2011). Metode Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

As’ad. (2003). Psikologi Industri, Seri Ilmu dan Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat. Yogyakarta: libert.

Bandura (dalam Feist, & Feist 2010). Teori Kepribadian. Edisi ke 7. Jakarta : Salemba Humaika.

Bandura (dalam Ghufron & Risnawati 2011). Teori-Teori Psikologi. Jogyakarta: Ar Ruz Media.

Bandura (dalam Dahlia Novarianing Asri & Noviyatni Kartika Dewi 2010). Prokratinasi Akademik Mahasiswa Progam Studi Bimbingan Dan Konseling IKIP PGRI MADIUN Ditinjau Dari Efikasi Diri, Fear Of Failure, Gaya Pengasuhan Orang Tua dan Iklim Akademik.

Bandura (dalam Hariyati 2011). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kelelahan Kerja pada Pekerja Linting Manual di PT Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta. (Sripsi Ilmiah). Surakarta: Fakultas Kedokteran UNS.

Crow & Crow (dalam Djaali 2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Belajar.

Darmadi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Ghozali. I. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan progam SPSS. Semarang: universitas Diponegoro.

Hurlock. (2010). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Hidayat. (2011). Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian dan Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jahja. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Kelly & Hansen (dalam Desmita 2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD,SMP, dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kelly & Hansen (dalam samsunuwiyati 2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.

Munasibah. (2017). Hubungan Minat Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus RE. Sripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Noor. (2011). Metodologi Pendidikan: Skripsi, Tesis, Disetfasi, & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Ridwan. (2008). Belajar, Minat, Motivasi, Prestasi Belajar. http://www.artikel.com/202. Belajar, Minat, Motivasi, Prestasi

Sri Rumini & Siti Sundari (dalam Diyah Ayu Kartikasari 2009). Perkembangan Anak & Remaja. Pt. Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Belajar dan Fakto-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter