ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND AWARENESS, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI BLUDERKRESNA MADIUN

Rista Aida Aprilia, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk roti bluder kresna.Sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 214 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk roti bluder kresna dibuktikan dari nilai thitung sebesar 2,585; nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05. Sedangkan secara simultan kualitas produk dan brand awareness berpengaruh terhadap keputusan pembelian. dibuktikan dari nilai Fhitung sebesar 51,599; nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05;.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Aini, Farida Nur. (2013). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk coklat Kit Kat di Solo. Fakultas Ekonomi. UniversitasMuhammadiyah Surakarta.

Apriyani, Y. (2013). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas PelayananTerhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut di Kota Padang. JurnaL Manajemen, 2(1), pp: 1-10.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong, Gary dan Philip Kotler. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bambang pranoto. 2008. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kendaraan Bermotor, Jurnal Ilmiah Faktor Extra Vol.1 No. 2 September 2008.

Bastian, Danny Alexander. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap keputusan pembelian coklat monggo PT. Ades Alfindo Putra Setia. Fakultas Ekonomi. Universitas Kristen Petra Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2014) 1-9.

Budiman, Dicky, Hastuti Naibaho & Amelia. (2013). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, kesadaran Merek Terhadap keputusan pembelia Merek J.CO di Surabaya. Fakultas Ekonomi. Universitas Pelita Harapan Surabaya. Surabaya. Jurnal Gema Aktualita, Vol. 2 No. 1, Juni 2013

Cockrill, Antje dan Mark M.H. Goode. (2010). Perceived Price And Price Decay In the DVD Marke. The Journal of Product And Brand Management. 19 (5).

Dahmiri, 2009, Pengaruh Bauran Penjualan Eceran (Retailed Mix) Terhadap Citra Departement Store (Studi Pada Ramayana Departement Store Kota Jambi), Jurnal Manajemen Pemasaran Modern Vol. No. 1 Januari-Juni 2009.

Dewi Indrawati, K dan Suparna, Gede. (2015). Peran Persepsi Harga Dalam Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan Merek Toyota Agya. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 7: 1816 – 1830.

Edris, Mochamad. (2009). Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus pada coklat Toblerone di Kabupaten Kudus)Jurnal Analisis Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Muria Kudus. ISSN : 1979–6889.

Fifyanita Ghanimata, Mustafa Kamal, 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Artikel Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hidayanti, R. 2011. Analisis Varian Pengaruh Interaksi Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian, pp: 1-25 http://m.infospesial.net diakses 21 April 2016 jam 11.00 wib

Huang, C. C, et. al. (2014). The Relationship Among Brand Equity, Customer Satisfaction and Brand Resonance to Repurchase Intention of Cultural and Creative Industries in Taiwan, IJOI

Humdiana, (2012). Analisis elemen-elemen Merek Produk Nokia. Jurnal of Marketing Manajemen, Vol. 12, No.1.

Imam Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kartajaya, Hermawan. 2010. Perjalan Pemikiran Konsep Pemasaran. Surabaya: Penerbit Erlangga.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil menengah Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor: 06/per/M.KUKMI/1/2019.

Kotler, Philip and Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Krishnan, Jayasree. (2011). “Lifestyle-A Tool For Understanding Buyer Behavior”. Int. Journal of Economis and Management. Vol. 5(1): Hal. 283- 298.

Lazuardi, Amelia Monica. (2011). Pengaruh kesadaran produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian Jatim Expo di Surabaya. Fakultas Ekonomi. Universitas Pelita Harapan Surabaya. Jurnal Gema Aktualita, Vol. 2 No. 2, Desember 2013.

Lembang, Rosvita Dua. (2010). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Reguler Di Universitas Diponegoro Semarang)”. Jurnal Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Lyonita, Telly., Dyah Budiastuti. 2012. Analisis Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Konsumen Pada PT. Telkom Jakarta Selatan (Produk Speedy). Disertasi Doktor Bina Nusantara, Jakarta.

Munnukka, J. (2008). Customers Intentions as a reflection of price Perceived. Journal of Product & Brand Management.

Moly, V. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handpone Nokia. e Journal Psikologi, 2 (2) 2014 : 258- 268

Rangkuti, Freddy. (2010). Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Puataka Utama.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Setiadi, Nugroho. J. 2013. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Tjiptono, Fandi. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi kedua, Andi: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service Quality and Satisfaction, Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Vidianingsih, C. 2010. Identifying the dimensions of the product-brand and consumer relationship. Journal of Marketing Management, Vol. 23 Nos 1/2, pp. 7-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter