PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

Wahid Hadi Mukholal

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif, baik secara simultan ataupun secara parsial motivasi berprestasi dan minat melanjutkan ke perguruan tinggi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dagangan Kabupaten Madiun.  Populasi dalam penelitian ini sejumlah 246, sedangkan jumlah sampelnya sejumlah 146 responden. Teknik pengambilan sampel adalah ProbabilitySampling dengan cara Simple Random Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuisioner. Teknik pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan dalam menganalisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, motivasi berprestasi mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 8,535, sedangkan minat melanjutkan ke perguruan tinggi mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien sebesar 3,863. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa motivasi berprestasi dan minat melanjutkan ke perguruan tinggi secara bersama berpengaruh positif signifikan terhadap pestasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 84,400.  

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter