Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Mediasi

Pujiani Indraningsih, Elva Nuraina, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh kecerdasan emosional, spiritual, perilaku belajar melalui kepercayaan diri sebagai variabel mediasi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa B di Universitas V dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan total sampling serta kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian bahwa kecerdasan emosional, spiritual, perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi melalui kepercayaan diri sebagai variabel mediasi. Perilaku belajar memiliki pengaruh lebih besar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh lebih besar terhadap tingkat pemahaman akuntansi melalui kepercayaan diri.

 

ABSTRACT


The purpose of this study was to prove empirically the effect of emotional intelligence, spiritual, learning behavior through self-confidence as a mediating variable on the level of understanding of accounting. This research was conducted on student B at University V with a quantitative approach. Sampling uses total sampling and questionnaires as research instruments. The results of the study that emotional intelligence, spiritual, learning behavior influence the level of understanding of accounting through self-confidence as a mediating variable. Learning behavior has a greater influence on the level of understanding of accounting and emotional intelligence has a greater influence on the level of understanding of accounting through self-confidence.


Full Text:

PDF

References


Ariantini, K. T., Herawati, N. T., Luh, N., & Erni, G. (2017). AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI PROGRAM S1 ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. E-Jurnal S1 Akuntansi, 7(1).

Atmaja, S. dan R. (2017). PENGARUH MINAT BELAJAR PADA PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI PEMODERASI. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5, 2021–2046.

Baharuddin, B., & Zakaria, R. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di Sma Negeri 3 Takalar Kabupaten Takalar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5071

Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 120–133. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332

Debi Melda Yanti, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Stie Mikroskil Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 5(1), 11–20. Retrieved from https://www.mikroskil.ac.id/ejurnal/index.php/jwem/article/view/221

Ghufron, M. Nur dan Risnawita, Rini. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Husnurrosyidah, & Rahmawati, A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Syariah Dan Kecerdasan Adversitas Sebagai Variabel Mediasi. Equilibrium, 3(2).

Linda Atik Rokhana dan Sugeng Sutrisno. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosioanal, Perilaku Belajar dan Minat Belajar Terhadap Tingkap Pemahaman Akuntansi. MEDIA EKONOMI DAN MANAJEMEN, 31, 26–38.

Mustofa Ali. (2013). Pendidikan Tasawuf Solusi Pembenntukan Kecerdasan Spiritual dan Karakter. INOVATIF, 4(1), 33–52.

Puttri, D., Rifa, D., & Darmayanti, Y. (2017). Sinkronisasi Komponen Kecerdasan Emosional Pendidikan Tinggi Akuntansi. EKOBISTEK, 6(2), 349–359.

Timotius. (2018). OTAK DAN PERILAKU. YOGYAKARTA: CV. ANDI OFFSET.

Tokan, R. I. (2016). SUMBER KECERDASAN MANUSIA. JAKARTA: PT Grasindo.

Trisna Dewi, N. N. S. R., & Krishna Yogantara, K. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Perilaku Belajar Sebagai Pemoderasi. Proceeding TEAM, 5(2), 64. https://doi.org/10.23887/team.vol2.2017.157


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter