Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Tematik Siswa Sekolah Dasar

Eva Trisya Indriani, Octarina Hidayatus Sholikhah, Diyan Marlina

Abstract


Banyak siswa mengalami permasalahan dalam pembelajaran tematik. siswa memiliki kemampuan yang kurang dalam pembelajaran tematik khususnya pada pelajaran matematika.  Dan juga banyak siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik siswa sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi experiment dan desain penelitian yang digunakan posttest only group. Analisis data peda penelitian ini menggunakan uji t yang memperoleh hasil thitung = 19,934 dan  ttabel = 2,004 dengan kriteria pengujian thitung > ttabel maka hipotesis diterima, sedangkan jika pengujian pengujian thitung < ttabel maka hipotesis ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik siswa Sekolah Dasar.

Keywords


Contextual Teaching and Learning (CTL); Pembelajaran Tematik; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Hikam, F. F., & Karima, S. (2020). Pengaruh contextual teaching and learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SDIT Insantama Banjar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 48-59.

Khauro, K., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pengaruh metode ceramah terhadap hasil belajar dalam pelajaran matematika kelas I SDN Telang 1. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Khomsoh, R. (2013). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Nuryati, N., & Fauziati, E. (2021). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Sumogawe 01 Kab. Semarang. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 86-95.

Sari, A. K., Ningsih, P. R., Ramansyah, W., Kurniawati, A., Siradjuddin, I. A., & Sophan, M. K. (2020). Pengembangan kompetensi guru smkn 1 labang bangkalan melalui pembuatan media pembelajaran augmented reality dengan metaverse. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 52-59.

Wahyudi, W., & Anugraheni, I. (2017). Strategi pemecahan masalah matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press Universitas Kristen Satya Wacana Jl. Diponegoro, 52-60.

Wahyudin, D., Rusman, R., & Rahmawati, Y. (2017). Penguatan Life Skills dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada SMA (Sekolah Menengah Atas) di Jawa Barat. Mimbar Pendidikan, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.