Analisis Faktor Penghambat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III SDN Cepoko 4

Dany Pradana Wicaksono, Vivi Rulviana, Diyan Marlina

Abstract


Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang dilaksanakan dengan mengintegrasikan beberapa pembelajaran kedalam suatu materi ajar. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menegtahui faktor penghambat belajar tematik pada siswa kelas III SDN Cepoko 4. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan rseponden guru dan siswa kelas III SDN Cepoko 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapat bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar yaitu: 1) sikap siswa yang kurang wajar khususnya dalam hal bersosial cukup rendah. 2) siswa kesulitan dalam membuat pemahaman baru dalam hal ini pad konsep pembelajaran yang baru atau materi ajar yang baru. 3) siswa sulit dan lambat dalam menafsirkan apa yang dirasakan, didengar, dan dilihat. 4) siswa kurang perhatan dan fokus dalam belajar. 5)siswa terlalu banyak kegiatan yang kurang bermanfaat sehingga sulit dalam mengingat materi pelajaran.

Keywords


Faktor Penghambat Belajar; Pembelajaran Tematik; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abdul majid .2013.Strategi Pembelajaran .Remaja Rosdakarya:Bandung.

Alnashr, M. S. (2018). Analisis Faktor Penghambat Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Tematik (Studi Kasus di MI Al-Hikmah Kajen, Margoyoso, Pati). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 191-204.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). AN ANALYSIS ON THE ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS’ABILITY IN IMPLEMENTING THEMATIC APPROACH. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 9(2), 141-152.

Hendrawati, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Spider Webbed untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat .

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611-2616.

Sabroni, D. (2017). Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 55-68).

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Lusiana, R., Susanti, V. D., & Andari, T. (2019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 354-361.

Febrinal, D. (2016). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui contextual teaching learning (CTL) Di Kelas VIII SMP 44 Sijunjung. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 1(2), 181-192.

Fitria, M., Sumarni, W., & Wusqo, I. U. (2016). Pengaruh pendekatan ctl berbasis sets terhadap pemahaman konsep dan karakter siswa. Unnes Science Education Journal, 5(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.