Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Self Confidence

Ridzo Ayu Safitri, Tri Andari, Davi Apriandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial ditinjau dari self confidence pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kebonsari Kelas VII. Subyek dalam penelitian ini adalah 3 siswa dari 24 siswa kelas VIIA yang masing-masing memiliki kategori self confidence tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, soal tes, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1) Siswa dengan tingkat self confidence tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis yang ditunjukkan dengan mampu menuliskan dan menyebutkan informasi pada soal (komunikasi), menggunakan simbol matematika, membuat bentuk matematika, penyajian ulang, penggunaan strategi penyelesaian matematika, dan penarikan kesimpulan. 2) siswa dengan tingkat self confidence sedang belum memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis yang ditunjukkan dengan tidak menyajikan ulang masalah dalam pemisalan, tetapi mampu membuat bentuk matematika dari masalah awal, mampu menuliskan dan menyebutkan informasi pada soal (komunikasi), menggunakan simbol, merancang dan menerapkan strategi penyelesaian masalah, serta menuliskan kesimpulan. 3) Siswa dengan tingkat self confidence rendah belum memenuhi semua indikator literasi matematis yang ditunjukkan dengan tidak menggunakan simbol matematika, tidak membuat model matematika, tidak melakukan penyajian ulang masalah, belum menyusun dan menerapkan strategi penyelesaian masalah dengan tepat.

Keywords


Kemampuan Literasi Matematis, Self Confidence, Aritmatika Sosial

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2018). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Bumi Aksara.

Daut, A., & Nurwan. (2017). Meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat model matematika pada materi program linear melalui pendekatan matematika realistik. Prosiding Seminar Nasional, 395–402.

Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah PISA Konten Shape & Space. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.

Hidayatulloh, D. A., Fuady, A., & Walida, S. El. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Self Confidence Peserta Didik kelas VII pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan JP3, 16(12), 57–63.

Kholifasari, Rizqi; Utami, C. M. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari karakter kemandirian belajar materi aljabar. Derivat, 7(2), 117–125.

OECD. (2018). PISA 2021 Mathematics Framework (DRAFT). 2nd draft 32-40. http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa-2021-mathematics-framework-draft.pdf

OECD. (2019). Program For International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2018. I–III, 1–10.

Pebianto, A., Gunawan, G., Yohana, R., & Nurjaman, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN Kota Cimahi pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Journal On Education, 01(03), 9–20.

Purnama, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Self Confidence. 1(2), 59–63.

Ramdani, R. R., & Sridana, N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari tingkat self-confidance peserta didik kelas VIII. 1, 212–223.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif (cetakan ke). Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Cetakan 7). Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.