PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN

Alisa Kusuma wardani, Farah Jauzaa Amelya, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas lima di Desa
Banyuurip Tegalrejo dalam pembelajaran IPA. Metode yang digunakan oleh peniliti adalah Penilitian
Tindakan Kelas (PTK). Instrument yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda sebanyak 20 soal.
Tempat penelitian di Desa Banyuurip Tegalrejo. Subjekpenelitian adalah 10 siswa kelas 5.
BerdasarkanhasilpenelitiandanpembahasandariPenilaianTindakanKelas(PTK)dapat
disimpulkan bahwa pada siklus I belum mencapai ketuntasan yang baik. Adapun hasilnya dari data
awal siswa belum mencukupi jumlah rata-rata, pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak
40% dengan rata-rata 72,5 dan pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 90% dengan rata-
rata 87, sehingga peningkatan siswa yang mencapai KKM sebanyak 50%. Dari hasil tersebut
menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam penelitian ini sangat berpengaruh
terhadap peningkatan hasil belajar IPA

Keywords


Hasil Belajar, Metode Eksperimen,pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, and Oktarina Puspita Wardani. 2013. 180 Computer

Physics Communications MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.

Djamaluddin, Ahdar, and Wardana. 2019. CV Kaaffah Learning Center BELAJAR DAN

PEMBELAJARAN 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis.

Farias, R. L.S., Rudnei O. Ramos, and L. A. da Silva. 2009. 180 Computer Physics

Communications Numerical Solutions for Non-Markovian Stochastic Equations of

Motion.

Inovasi, Jurnal, Pendidikan Bahasa, and Sastra Vol. 2021. “LANGUAGE : Jurnal Inovasi

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Vol 1. No 1. Agustus 2021 43.” 1(1): 43–50.

Khalida, B.R & Astawan, I.G. 2021. “Penerapan Metode Eksperimen Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi

Guru 4(2): 182–89.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/35552.

Kumala, Farida Nur. 2016. 8 Journal of Chemical Information and Modeling

PembelajaranIPA Sekolah Dasar.

Lestari, Siti Nur Azizah Puji Ayu, Asep Kurnia Jayadinata, and Ani Nur Aeni. 2017.

“MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SIFAT-

SIFAT CAHAYA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI.” Jurnal Pena Ilmiah 2(1): 621–

Mulyani. 2015. “PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN

HASIL BELAJAR TENTANG RANGKAIAN LISTRIK SERI DAN PARALEL PELAJARAN

IPA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 KARANGGANDU KECAMATAN

WATULIMO. KABUPATEN TRENGGALEK.” Jurnal Pendidikan Profesional 4(3): 45–

Purba, Leony Sanga Lamsari, St Fatimah Azzahra, and Orde Baru. 2021.

“Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Metode Eksperimen.” Chemistry

Education Practice 4(3): 231–36.

Rahman, Sunarti. 2021. “PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN

DASAR: 289–302.

Rosidah, Cholifah Tur. 2020. “Jurnal Basicedu.” Jurnal basicedu 4(1): 30–35.

Sardinah, Humaira. 2015. “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi

Kerangka Manusia Melalui Media Kerangka Manusia Dan Media Gambar Siswa

Kelas Iv Sdn Lampeuneurut Aceh Besar.” Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar

dan Humaniora)3(3): 60–72.

Souisa, Haryo Franky. 2021. “Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD YPK

KlawanaDistrik Klamono Kabupaten Sorong.” Soscied 4(2).

Suryani, Suryani. 2018. “Penerapan Metode Eksperimen Dapat Meningkatkan

Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Universitas

Batanghari Jambi 18(3): 529.

Wandini, Rora Rizy dkk. 2017. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Al-Irsyad

(2): 79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.