Penerapan media audiovisual dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas I sekolah dasar

Julia Andarisma Prasiwi, Endang Sri Maruti, Sri Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa
melalui mediaaudiovisualdi kelas I SDN 3 Trisono Babadan Kota Ponorogo. Jenis Penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dari tahap pra siklus, siklus I, hingga siklus
II.Penelitian ini menggunakan subjek berjumlah 10 anak, yang terdiri dari 4 anak perempuan dan 6
anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis
data kualitatif dan teknik analisis data kuantitaif. Indikator keberhasilan yang harus dicapai siswa
adalah 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan di kelas I
SDN 3 Trisono melalui mediaaudiovisualdapat meningkat. Pada tahap prasiklus rata-rata siswa
59%, naik pada siklus I menjadi 69%, dan hingga siklus II naik menjadi 83%. Media yang digunakan
pada penelitian ini yaitu media berupa video yang menampilkan gambar dan suara.

Keywords


Membaca, Membaca Permulaan, Media Audiovisual

Full Text:

PDF

References


judul penelitian Penerapan “Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca

Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasar” di SDN 3 Trisono Babadan Ponorogo penulis

mengemukakan saran sebagai berikut :

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sekiranya dapat terus diterapkan dengan tujuan

untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa agar lebih maksimal.

Kepada wali kelas I SDN 3 Trisono, kiranya menggunakan media yang menarik dan

bervariasi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa, selain

itu dengan media yang menarik siswa akan fokus pada pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Angkowo, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. PT Grasindo.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi

Aksara. Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. PT Raja Grafindo Persada.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Sanabil.

Sanaky, A. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Kaukaba Dipantara.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.

ALFABETA, cv.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif Dan

Pengemabangannya. PT Remaja Rosdakarya.

Taboer, M. A., Rochyadi, E., Sunardi, S., & Bahrudin, B. (2020). Prediktor Kesulitan

Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik

Pendidikan, 29(2), 182–190. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p182

Tarigan Henry, G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit

Angkasa.

Zubaidah, E. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Diagnosa dan Cara

Mengatasinya. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.