ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI PENGUASAAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP

Sholikatul Rahmin, Tri Andari, Ika Krisdiana

Abstract


Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan tujuan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 3 Kedunggalar dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial kelas VII ditinjau dari penguasaaan matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang dengan penguasaan matematika tinggi mampu mencermati informasi yang tersedia dalam permasalahan dengan baik. Siswa menuliskan dan menjelaskan secara rinci alur permasalahan, penyelesaian, serta mampu membuat kesimpulan dengan tepat.  Siswa dengan penguasaan matematika sedang mampu mencermati informasi yang tersedia dalam permasalahan, namum kurang teliti pada saat menyelesaikannya. Masih terdapat kesalahan pada saat meyeselesaikan masalah yang diberikan, saat menjelaskan siswa masih kurang mampu dan saat menarik kesimpulan kata-kata yang digunakan singkat. Sedangkan siswa dengan penguasaan matematika rendah mampu mmengetahui informasi dalam soal cerita, namun kurang lengkap. Siswa belum mampu menyelesaikan soal cerita sesuai permitaan, kesimpulan dan belum mampu juga menjelaskan dari penyelesaian yang dibuatnya.

Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis, Soal cerita, Penguasaan Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. (2014). Pengaruh Kecerdasaan Numerik dan Kemampuan Konsep Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Matematika. Jurnal Formatif, 46-55.

Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH (Jurnal Kajian ilmu-ilmu Keislaman), 333-352.

Fadhallah. (2021). Wawancara . UNJ Press.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentinya Penguasaan Kosep Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 121-129.

Gunawan, & Ansyori. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 217.

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 18-30.

Heryan, U. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 97-98.

Iftitaahul, M., Atmojo, K. T., & Riyadi. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 656-667.

Kaprinaputri, A. P. (2013). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 10-15

Kurniasari, I., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTS pada Materi Bangun Datar Segiempat dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 983-992..

Kurniasari, I., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTS pada Materi Bangun Datar Segiempat dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 983-992.

Nofrion. (2018). Komunikasi Pendidikan Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Nurwana, S. (2019). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa SMA Negeri 11 Makasar. Issues in Mathematis Education .

Rifda, K., & Nining, S. (2017). Analisis Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Perbedaan Gender. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajaran .

Rismayanti, & Siti, N. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Self Confident pada Materi Relasi dan Fungsi . Jurnal on Education , 225-232.

Seruni. (2015). Pengaruh Penguasaan Konsep Matematika dan Kreativitas Belajar terhadap Perilaku Disiplin. Jurnal Formatif, 250-259.

Siregar, N. F. (2018). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika . Logaritma, 79.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi). Bandung: Alfabeta.

Utomo, F. H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Matematika . Jurnal Tadris Matematika 2 (1), 51-60.

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 97-104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.