Keefektifan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar

Alif Nova Futriani, Dian Permatasari Kusuma Dayu, Liya Atika Anggrasari

Abstract


Model pembelajaran Inside Outside Circle bertujuan 1) mengetahui keefektifan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap pembelajaran siswa dalam pembelajaran tematik, 2) mengidentifikasi perbedaan keaktifan belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle versus tidak menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle. Pada penelitian ini menggunakan metode Quasi Test/Quasi Eksperimen, metode ini dipergunakan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Metode penelitian yang dipergunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif, metode kuantitatif adalah metode penelitian yang bekerja dengan cara ilmiah dan sistematis, yang di dalamnya dilaksanakan pengamatan-pengamatan yang meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan objek penelitian, fenomena-fenomena dan hubungan-hubungan di antaranya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Adanya keefektifan model pembelajaran Inside Outside Circle pada keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran tematik, 2) Adanya perbedaan pada keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle versus yang tidak menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle. Oleh karena itu, model pembelajaran Inside Outside Circle dinyatakan efektif untuk keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar.


Keywords


Pembelajaran Inside Outside Circle; Keaktifan Belajar; Tematik

Full Text:

PDF

References


Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWI : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Azmi, N. (2015). Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc)) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.180

Hidayani, M. (2016). PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013 Masrifa Hidayani. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 150–165.

Nisa, K., Tri Woelandari, R., & Kosim, A. M. (2018). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ) PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 091598 DOLOK MERANGIR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(10), 1063–1077.

Santoso, F. A. (2020). Dampak Penggunaan Gawai terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 49–54. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.87

Warman, D. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik Oleh Guru Kelas Pada Sekolah Dasar Di-Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 185. https://doi.org/10.31958/jaf.v6i2.1394


Refbacks

  • There are currently no refbacks.