Analisis peran orang tua dalam pendampingan belajar daring terhadap hasil belajar tematik siswa kelas 4 SDN 01 Timahan

Candra Ester Yunani, Femi Dwi Indra Palupi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisa peran orang tua dalam pendampingan belajar siswa melalui daring terhadap hasil pembelajaran tematik kelas 4 SDN 01 Timahan untuk melihat kesulitan yang dihadapi oleh orang tua pada saat pendampingan belajar daring ini, dan mengetahui hasil belajar belajar siswa saat melaksanakan pembelajaran daring. Digunakan teknik pengumpulan data diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang di peroleh kemudian di deskripsikan sehingga berbentuk kalimat. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dengan informan yakni 8 orang tua wali siswa kelas 4 SDN 01 Timahan dan ditambah 1 guru kelas 4 SDN 01 Timahan. Penelitian ini menggunakan 3 analisis data yakni Reduksi data, penyajian daota, dan penarikan kesimpulan. Hasil penyajian data dapat diperoleh suatu kesimpulan bahwa peranan orang tua dalam pendampingan belajar daring memang sangatlah penting, selain itu orang tua juga perlu memberikan sarana prasarana penunjang yang cukup memadahi untuk siswa melaksanakan pemebelajaran daring sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.


Keywords


Online; Hasil Belajar; Tematik

Full Text:

PDF

References


A susanto. 2019. “Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Edisi Kedua).” jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Akbar, Zarina. 2017. “Program Peningkatan Keterlibatan Orang Tua Melalui Kegiatan Seni Pada Anak Usia Dini.” Sarawahita 14(1):54. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Anugrahana, Andri. 2020. “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(3):286.

Cahyati, Nika. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi.

Ibadullah, Malawi. 2020. Penelitian Pendidikan. Magetan.

Imron, Ali. 2016. “Pendidikan Kepribadian Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan.” Jurnal Edukasia Islamika 1(1).

Kusumawati, N., and Endang Sri Maruti. 2019. Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Magetan.

Moleong, L. 2017. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi 36). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, and Meidawati Suswandari. 2020. “Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(3):226.

Sobron Adi Nugraha, Titik Sudiatmi, and Meidawati Suswandar. 2019. “Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Sains & Entrepeneurship 1(1).

Yulianingsih, Wiwin. 2020. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1140.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.