Penguatan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan E-Learning

Yuniarti Galuh Purwanti, Endang Sri Maruti, Sri Budyartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan e-learning sebagai penguatan literasi digital siswa kelas V SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan Guru kelas V SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar angket dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display (Penyajian Data), conclusion drawing/verification (Penarikan Kesimpulan dan klarifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran elearning dengan aplikasi Microsoft Teams terbukti dapat meningkatkan literasi digital siswa kelas V SDN 02 Mojorejo Kota Madiun yang dilakukan dalam tiga aspek yang sudah dilaksanakan dengan baik yaitu literasi digital sebagai content pembelajaran, literasi digital sebagai media pembelajaran dan literasi digital sebagai media komunikasi guru dan siswa serta dengan penguatan literasi digital melalui pengorganisasian literasi digital yang dikemukakan oleh Beetham, Littlejohn dan McGill yang terdiri dari tujuh komponen yaitu literasi informasi, digital scholarsip, learning skills, ICT literacy, career and identy management, communication and collaboration dan media literacy

Keywords


Literasi Digital; E-learning; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. (2017). Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458

Amri, C. O., Jaelani, A. K., & Saputra, H. H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik : Studi Pembelajaran Menggunakan E-Learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 546–551.

Anggraeni, S. (2020). Penerapan Alat Evaluasi Online Quizizz Berpendekatan Stem Untuk Mengukur Keterampilan Menganalisis dan Literasi Digital Peserta Didik SMP. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Anggrasari, L. A. (2020). Penerapan e-learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di era new normal. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 248. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Ranika Cipta.

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., & Rahma, N. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3, 98–104.

Astuti, S. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Metro. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.

Ayu, M. (2021). IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN FIKIH di MAN 1 Aceh Barat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the Science of Instruction important: Fourth Edition. In Published by John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.

Eshet-Alkalai, Y., & Chajut, E. (2009). Changes over time in digital literacy. Cyberpsychology and Behavior, 12(6), 713–715. https://doi.org/10.1089/cpb.2008.0264

Fitriyani, & Mukhlis, S. (2021). Urgensi Penggunaan Digital Literasi dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi: Systematic Literature Riview. Jurnal DIKODA, 2(1), 13–20.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Harnani, S. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Bdkjakarta.Kemenag. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Hartley, D. E. (2001). Selling E-Learning, American Society for Training and Development. https://books.google.co.id/books?id=jcnh8Vcw0-IC&lpg=PP1&hl=id&pg=PA1#v=onepage&q&f=false

Hasugian, J. (2009). Kurikulum Berbasis Kompetensi Di Perguruan Tinggi. Pustaka Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 34–44.

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf

Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 9–13.

Rahayu, T., & Mayasari, T. (2018). Profil kemampuan awal literasi digital dalam pembelajaran fisika siswa SMK Kota Madiun. Seminar Nasional Quantum, 25, 431–437.

Rahmatia, M., Monawati, M., & Darnius, S. (2017). PENGARUH MEDIA E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 20 BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 212–227.

Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif Dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90–96.

Saputra, B. A., & Nurdiansyah, N. (2020). Penguatan Literasi Digital melalui Model Pengembangan Kurikulum SMA Islam Berbasis Media Digital di Era 4.0. Islamika, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.483

Sri Wahyuningsih. (2021). Modul Literasi Digital Di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1–22.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Urip, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi Sekolah Dasar Abad 21 New Digital Literacy untuk Membangun Karakter Siswa Di Era Global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak …, 4(1), 1–10. http://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/308

Utami, D. S., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Media Belajar Literasi Digital Berbasis Game Edukasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Kelas 2 SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 218–225.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.