Analisis Pemahaman Konsep dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Pada Siswa SMP Berbasis Etnomatematika

Juniar Retno Anggraini, Sardulo Gembong, Wasilatul Murtafiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemahaman konsep menyelesaikan soal cerita pertidaksamaan linier satu variabel pada siswa SMP berbasis etnomatematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mantingan kelas VII. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa dari 25 siswa kelas VII A yang masing-masing memiliki kategori pemahaman konsep tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1) Siswa dengan kategori tinggi mampu menyatakan ulang sebuah konsep dengan menuliskan kembali apa yang diketahui dan apa ditanyakan pada soal tersebut. Subjek mampu menuliskan kalimat matematika dan mampu memeriksa kembali hasil jawabannya dan memberikan kesimpulan pada lembar. 2) Siswa dengan kategori sedang dalam menyatakan ulang sebuah konsep subjek mampu menuliskan kembali apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. Subjek mampu mengubah apa yang sudah diketahui kedalam kalimat. Subjek mampu menjelaskan dan menuliskan kesimpulannya. 3) Siswa dengan kategori rendah dalam menyatakan ulang sebuah konsep subjek mampu menyatakan ulang konsep pada soal hanya ditunjukkan pada saat wawancara, subjek tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada lembar jawaban. Subjek mengubah apa yang sudah diketahui kedalam kalimat matematika.


Keywords


Kemampuan Pemahaman Konsep; Soal Cerita; Etnomatematika

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1–7. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/ index.php/ eksakta/article/view/49

Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/ 10.24014/sjme.v3i2.3897

Fitriatien, S. R. (2016). Pembelajaran berbasis etnomatematika. Conference Paper. December, December 2016. https://www.researchgate.net/profile/Sri- Fitriatien/ publication/317318097_Pembelajaran_Berbasis_Etnomatematika/links/5931a4b2a6fdcc89e7a37493/Pembelajaran-Berbasis-Etnomatematika.pdf

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Mafile:///C:/Users/Personal/Downloads/1003-2126-1-SM (1).pdftematika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 228–235.

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252. https://doi.org/10.24127/ ajpm.v10i1.3265

Utomo, J. S. (2007). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP N 3 Kalibogor Berdasarkan Emotional Quotient (EQ). 2008, 6–26.

Wardhani, S. (2010). Implikasi Karakteristik Matematika Dalam Pencapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika di Smp/MTs. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.