Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smpn 1 Jiwan Dalam Memecahkan Materi Aritmatika Sosial Berbasis Etnomatematika

Supratiwi Nursatamala, Sanusi Sanusi, Vera Dewi Susanti

Abstract


Kemampuan penalaran adalah kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, menyusun argumen, memberikan bukti/solusi dan menarik kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa SMP dalam memecahkan aritmatika sosial berbasis etnomatematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMPN 1 Jiwan. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar tes kemampuan penalaran matematis yaitu lembar soal tes uraianvdan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi metode. Adapun indikator penalaran yaitu (1) kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara tertulis (2) kemampuan menyusun argumen (3) kemampuan memberikan bukti/solusi, (4) kemampuan menarik kesimpulan. Kesimpulan hasil dari penelitian ini (1) siswa yang mempunyai kemampuan penalaran matematika tinggi memenuhi keempat indikator penalaran, (2) siswa yang mempunyai kemampuan penalaran matematika sedang memenuhi tiga indikator penalaran yakni kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, kemampuan menyusun argumen  dan kemampuan menarik kesimpulan, (3) siswa yang mempunyai kemampuan penalaran matematika rendah memenuhi satu indikator penalaran.

Keywords


Kemampuan Penalaran, Etnomatematika, Aritmatika Sosial.

Full Text:

PDF

References


Astri Wahyuni. (2013). Peran Etnomatematika dalam membangun Karakter Bangsa. Ahmad Dahlan Seminar Nasional Pendidikan Matematika .

Aziz, H. E., & H. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Phytagoras. bandung Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 386–395. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1996

Fajriyah & Zanthy. (2019). Mathematical Reasoning Ability of Grade IV Elementary School Students on Polygon Materials. 4(2).SD N Tlogomulyo. https://doi.org/10.23997/tscj.v4i2.35388 https://doi.org/https://doi.org/10.23887/tscj.v4i2.35388

Haeruman et al. (2017). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMA DI BOGOR TIMUR. JPPM, 10(2), 157–168.

Komara. (2016). Meningkatkan KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE NHT. KALAMATIKA IKIP Siliwangi Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81–92.

Mullis, et al. (2012). Improving the Ability of Creative Thinking Mathematically and Self-Confidence Student through Application Model Eliciting Activities (MEAs) Review from Student Gender. American Journal of Educational Research, 6(4), 319–323.

Musin, R. D., Wahyu, R., & Putra, Y. (2020). 120 Soal HOTS Aritmatika. yogyakarta repository.radenintan.ac.id

Oktaviana, V., Noor Aini, I., (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL Universitas Singaperbangsa Karawang, M., Ronggowaluyo, J. H., Telukjambe Timur, K., Karawang, K., Barat, J., & Universitas Singaperbangsa Karawang, D. (2021). 1). In Maret (Vol. 8, Issue 1).

Permendikbud. (2016). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN jakarta (pp. 1–234).

Ratau. (2016). “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.” Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 42–59.

Supriyanti., Mastur, Z., S. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii. semarang. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3), 135–141. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9056


Refbacks

  • There are currently no refbacks.