Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 02 Manisrejo

Ega Rahayu Widodo, Melik Budiarti, Sri Lestari

Abstract


Pembelajaran abad 21 siswa dituntut untuk mempunyai kemampuan berpikir kritis. Pada kasus ini siswa kurang mempunyai keyakinan atas kemampuan yang dimilikinya dalam menyelesaikan suatu permasalahan pada soal cerita matematika yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara efikasi diri akademik terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 02 Manisrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 02 Manisrejo Kota Madiun dengan populasi seluruh siswa kelas V dan sampel sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal uraian kemampuan berpikir kritis dan kuesioner efikasi diri akademik. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 02 Manisrejo, yaitu hasil sebesar 3,179 > dengan signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian ini, maka efikasi diri akademik sangat penting dikembangkan dalam diri siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, karena efikasi diri akademik mempunyai hubungan yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


Efikasi Diri Akademik, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Muhammad, N. I., Amran, M., & Satriani. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen), 1(1), 12–20. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1061

Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 0(0), 341–347.

Nurhayati, A. S. (2016). Peran Media Jejaring Sosial Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 1–9(November), 632–641.

Nurjanah, N. (2021). Pengaruh Self Efficacy Akademik, Moral Integrity , Religiusitas dan Konformitas terhadap Academic Dishonesty pada Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19. Skripsi.

Oktaviani, H. I. (2014). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa Melalui Model Pemerolehan Konsep. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(3), 263–272.

Rafiqoh, S. (2020). Arah kecenderungan dan isu dalam pembelajaran matematika sesuai pembelajaran abad 21 untuk menghadapi revolusi 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58–73.

Sukmadinaata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (12th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Yoannita, B., Budi, E., & Rustana, C. E. (2016). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016, V, 9–14. https://doi.org/10.21009/0305010302


Refbacks

  • There are currently no refbacks.