Kesulitan Pembelajaran Tematik Pada Masa Transisi Covid- 19

Fevina Fayi Ayu Pradani, Heny Kusuma Widyaningrum, Suyanti Suyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pembelajaran tematik pada masa
transisicovid-19danmendeskripsikanfaktor-faktoryangmempengaruhikesulitanpembelajaran
tematik pada masa transisi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data pada
peneltian adalah guru kelas III serta 9 siswa kelas III di SDN 1 Sedarat. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksankan dengan
tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kesulitan pembelajaran tematik pada masa transisi covid-19 diantaranya, kesulitan dalam memahami
materi, kesulitan dalam mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, kesulitan dalam berhitung.
Faktor-faktor kesulitan pembelajaran tematik pada masa transisi covid diantaranya, minat dan motivasi,
sikap siswa,konsentrasi belajar, rasa percaya diri, metode mengajar, media pembelajaran, lingkungan
sekitar. Penelitian ini mengungkapkan adanya kesulitan-kesulitan dalan pembelajaran tematik pada masa
transisi covid-19, serta mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam pembelajaran
tematik di masa transisi covid-19

Keywords


Kesulitan, Pembelajaran Tematik, Masa Transisi covid-19

Full Text:

PDF

References


Amallia, N., Unaenah, E., & Tangerang, U. M. (2018). ANALISIS KESULITAN BELAJAR

MATEMATIKA PADA SISWA. 3(2), 123–133.

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab

Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD),

(1), 25–37. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan

Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Darmiyati, H., Pd, S., Pd, M., & Elisa, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Pecahan Melalui Model Demonstrasi

Kombinasi Dengan Problem Based Learning Dan Pair Checks Siswa Kelas V Sekolah

Dasar. J-Instech: Journal of Instructional Technology J-Instech: Journal of Tec Jurnal

Teknologi Pendidikan, 1 No. 1, 11–18.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2015). Hubungan antara Motivasi Belajar

dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal

Pendidikan Vokasi, 5(3), 365. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6490

Hamzah, A. (2020). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Tematik di MI Tholabul

Ulum OKU Selatan. Primary Education Journal (PEJ), 4(2), 24–30. https://idr.uin-

antasari.ac.id/15425/1/Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD.pdf

Hidayani, M. (2016). PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013 Masrifa

Hidayani. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 150–165.

Irsan, I., Nurmaya G, A. L., & Yulan, T. (2021). Analisis Kesulitan Implementasi

Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal

Ilmu Pendidikan, 3(6), 4392–4399. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1475

Magdalena, I., Safitri, T., Maghfiroh, N., & Yolawati, N. N. (2020). Identifikasi Kesulitan

Belajar Tematik Kelas 3 di SD Negeri 14 Tangerang. Fondatia, 4(2), 222–233.

https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.886

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Dr. Marlina, S.Pd., M. S. (2019). Asesmen Kesulitan

Belajar. Prenadamedia Group.Belajar.

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan

Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika

Inovatif, 3(4), 385–392. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384

Muhith, A. (2018). Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu di Min III Bondowoso.

Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 45–61. http://digilib.iain-

jember.ac.id/380/1/Problematika pembelajaran tematik terpadu di MIN III

Bondowoso.pdf

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. 03(2), 333–352.

Pramesti, C., Prasetya, A., Studi, P., & Matematika, P. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan

Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis Analysis of Students ’

Mathematics Learning Difficulty Levels in Using Mathematical Principles. 11(November

.

Pratiwi, D. N., Siswantoro, & Sudirman, A. (2016). Hubungan Gaya Belajar

danKonsentrasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. 15(2), 1–23.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil

Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79.

https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar

Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu

Pendidikan, 3(4), 2305–2312.

https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/886

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil

Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan

Dasar, 6(1), 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02

Rosidin, D. I., Supriatna, M., & Budiman, N. (2019). Pengembangan self confidence pada

siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 144–148.

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/11301

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Guru, P., Dasar, S.,

Madura, U. T., & Indonesia, J. T. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD).

Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 156–158.

https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1027

Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). ANALISIS MINAT DAN

MOTIVASI BELAJAR, PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP

HASIL BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN Susi. Jurnal Pendidikan

Matematika : Judika Education, 4(1), 41–55.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (6th ed.).

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri

Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139.

https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 1–17.

Yeni, E. M., & Almuslim, U. (2015). JUPENDAS , ISSN 2355-3650 , Vol . 2 , No . 2 , September

2(2), 1–10.

Zahroh, F., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Studi Permasalahan dalam Pembelajaran

Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten BAngkalan. 474–479.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.