Penerapan model think pair share dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika

Milenia Muji Rahmawati, Fida Chasanatun, Octarina Hidayatus Sholikhah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis.
Hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran model pembelajaran yang digunakan kurang
inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaranthink
pair sharedalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada saat menyelesaikan soal
cerita bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
siklus I dan siklus II. Prosedur penelitiannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngawi Purba 2 dengan subjek penelitian siswa kelas V
berjumlah 8 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
penerapan model pembelajaranthink pair sharedapat membantu meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan dari meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
dari kondisi pra siklus yang hanya menunjukkan bahwa 65% siswa memiliki kemampuan berpikir
kritis, kemudian pada siklus I menunjukkan 73%, dan pada siklus II menunjukkan bahwa 95%
siswa memiliki kemampuan berpikir kritis

Keywords


Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Cerita

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika

di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 2415-2422.

Desmita. (2019). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT REMAJA

ROSDAKARYA.

Hadi, F. R. (2021). Kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan

soal hots matematika berdasarkan teori newman. MUALLIMUNA:Jurnal

Madrasah Ibtidaiyah, 43-56.

Haryani, D. (2012). Membentuk siswa berpikir kritis melalui pembelajaran

matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan

Matematika, 165-174.

Kurniasari, E. F., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan hasil belajar IPS

melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS)

dengan teknik gallery walk. Journal of Education Research and Evaluation, 120-

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, & Aji, G. B. (2021). Pengaruh model

pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis di

sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 218-226.

Mulyasa. (2019). Praktik penelitian tindakan kelas. Bandung: PT REMAJA

ROSDAKARYA.

Nurwidiyati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)

untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, disiplin, dan tanggung

jawab siswa tingkat sekolah dasar . Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 220-

Purnomo, A., & Suprayitno. (2013). Peningkatan kemampuan berpikir kritis

siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair

Share) dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. JPGSD, 1-9.

Putri, L. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kesulitan siswa kelas V sekolah

dasar dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang. Terampil:

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 65-74.

Wijanarko, Y. (2017). Model pembelajaran make a match untuk pembelajaran

ipa yang menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 52-29.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas model problem based learning

dan discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah

dasar. Jurnal Basicedu, 228-238


Refbacks

  • There are currently no refbacks.