Efektifitas Model STEAM Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN 01 Klegen Kota Madiun

Aurora Berlyana Aurista, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, Vivi Rulviana

Abstract


Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model STEAM terhadap hasil belajar pada
pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN 01 Klegen. Penelitian dilakukan dengan jumlah sampel
sebanyak 54 siswa. Metode yang digunakan Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent design
control grup. Penelitian ini dilakukan di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pretest
dan posttest kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata dbawah KKM. Sedangkan hasil pretest dan
posttest kelas eksperimen mendapatkan rata–rata diatas KKM yaitu dengn minimal 70 dan hasil
maksimal 100. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik Paired Two Sample For Means atau T-Test
dengan perolehant hitung (-7,508025684)≤t tabel (2,006646805), maka H0 diterima dan H1 di tolak .
SelanjutnyaKelasekpserimenmendapatkanrata-rata.Berdasarkandatadiatasnilaithitung
(8,157072188)≥t tabel (2,006646805), maka H0ditolak dan H1diterima. Hal tersebut ada hasil yang
signifikan terhadap keefektifan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas IVB

Keywords


STEAM, Hasil Belajar, Pembelajaran tematik kelas IV .

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar

Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42

Astiza, I. (2020). Analisis Penerapan Pembelajaran Tematik Bermuatan Steam Kelas III Sd

Muhammadiyah 3 Assalam Kota Malang. https://eprints.umm.ac.id/69851/

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan

Media Pembelajaran Abad 21 : Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa

Sekolah Dasar pembelajaran sesuai konteks pembelajaran abad 21 . Teknologi hanya

terjadi untuk m encapai tujuan pembelajaran efe. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi

Pendidikan, 3(1), 25–35.

Soldiana. (2018). Pembelajaran Kooperatif Student STEAM Achievement dalam Upaya

Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 168060 Kota Tebing Tinggi.

ESJ (Elementary School Journal)), 8(4), 308


Refbacks

  • There are currently no refbacks.