Meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam materi aksara jawa dengan menggunakan media pembelajaran spin game

Savira Ananda Fitria, Sekar Hapsari Avio Imani, Febrian Arief Pratama, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Aksara Jawa dengan menggunakan media pembelajaran Spin Game. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 10 siswa di SD Negeri Magelang 3. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik langsung sedangkan alat pengumpulan data dengan menggunakan lembar soal isian. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 63,1 dan pada siklus I nilai rata-rata siswa yang didapat 68,3 atau meningkat 5,2 dibandingkan pada nilai rata-rata prasiklus. Pada pelaksaaan siklus II nilai rata-rata siswa adalah 85,8 atau meningkat 17,5 dibandingkan nilai rata-rata pada siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran spin game pada materi aksara jawa dapat meningkatkan pemahaman siswa di SD Negeri Magelang 3.

Keywords


Pemahaman;Aksara Jawa; Media; Spin Game

Full Text:

PDF

References


Faqihani, G. A., Awaludin, R., & Erosa, D. (2011). Permainan Hanihon sebagai Media Pembelajaran Aksara Jawa. Ilmiah Mahasiswa, 30–33.

Hadi, S., & Umi Kasum, M. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Hariyati, E., & Norida, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran spinning question pada kompetensi dasar kerja sama ekonomi internasional kelas XI Ips di Sma Negeri 1 Porong. 6, 310–315.

Hs, A. I., & Suriningsih, W. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Roda Putar Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Taman Kanak - Kanak Development of Learning Media Based on Spin Wheel Game on Arabic Vocabulary Learning in Kindergarten. 4(2), 291–303.

Huda, M. (2014). Model-Model pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isbanah, E. P. dan Y. (2018). Pengaruh financial literacy, illusion of control, overconfidence, risk tolerance, dan risk perception terhadap keputusan investasi pada mahasiswa di kota surabaya. 6, 424–434.

Kartikasari, M., & Rahmawati, F. (2022). Media Pembelajaran Interaktif “Tekat Baja” Untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5052–5062.

Komariyah, Z. (2010). Pengaruh pemanfaatan media permainan kartu hitung terhadap hasil belajar siswa materi ajar operasi hitung campuran mata pelajaran matematika.

Mor, N. (2019). Kementerian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi universitas pendidikan indonesia. 4(April), 2013163–2013165.

Mulyani, D. & S. (2007). Metadata, citation and similar papers at core.ac.u 1. Pembagian Harta Waris Dalam Adat Tionghoa Di Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang, 1(14 June 2007), 1–13. https://core.ac.uk/download/pdf/11715904.pdf

Nadhiroh, U., & Bagus Wahyu, S. (2021). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa Dalam Melestarikan Budaya Jawa. Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, 1–10.

Nawang Wulan, M., Anggraini, R., & Dkk. (2022). Pengembangan Media Interaktif Spin Game dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Pemimpin dalam Islam di Sekolah Dasar. Pendidikan Tambusai, 06, 10884–10890.

Subakti, H. (2020). Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Menggunakan Media Spinning Wheel Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu. 2(April), 192–206.

Ulya, A. I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel Berbasis Model 4d Pada Materi Pelajaran Alat Panca Indera.

Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality ( Ar ). Jurnal Teknologi, 8(2), 104–111. https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1119


Refbacks

  • There are currently no refbacks.