Implementasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada siswa kelas V Sekolah Dasar

Riska Putri, Sri Lestari, Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perencanaan asesmen kompetensi minimum di SDN Taji, 2) mendeskripsikan pelaksanaan asesmen kompetensi minimum di SDN Taji, dan 3) mendeskripsikan evaluasi asesmen kompetensi minimum (AKM) di SDN Taji. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa kelas V SDN Taji. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Tahapan penelitian dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan AKM di SDN taji dari segi infrastruktur TIK sudah dalam kategori siap Tipe C sehingga sekolah dapat melakukan AKM secara mandiri selain itu adanya dukungan dari kepala sekolah, serta tersedianya buku penunjang AKM bagi guru dan siswa, 2) SDN Taji sudah berhasil menyelenggarakan AKM terbukti bahwa pelaksanaan AKM dapat diikuti oleh seluruh siswa kelas V dengan mode daring selama 2 hari dengan 2 sesi, 3) evaluasi AKM merujuk pada laporan akhir dimana kemampuan literasi siswa SDN Taji menunjukkan bahwa 50% siswa telah mencapai kompetensi minimum, sedangkan untuk kemampuan numerasi menunjukkan sebagian besar siswa belum mencapai batas kompetensi minimum.


Keywords


Asesmen kompetensi minimum; literasi numerasi; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aisah, Heti, Qiqi Yulianti Zaqiah, and A. Supiana. 2021. “Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 1(2):128–35.

Assesmen, Abstrak, Kompetensi Minimum, Numerasi Program, Merdeka Belajar, Ujian Nasional, A. K. M. Numerasi, and Kata Kunci. 2021. “Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika e-ISSN 2614-4204 Dan p-ISSN 2615-465X.” 4:80–90.

Deviana, Tyas, and Dian Fitri Nur Aini. 2022. “Learning Progression Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Konten Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).” Jurnal Basicedu 6(1):1285–96. doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2095.

Hunt, Thomas, James Carper, Thomas Lasley, and C. Raisch. 2013. “Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS).” Encyclopedia of Educational Reform and Dissent 562–69. doi: 10.4135/9781412957403.n438.

Kemendikbud. 2021. “Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 1–32.

Know, What Students, and C. A. N. Do. 2019. PISA 2018 Results (Volume I). Vol. I.

Nurhikmah, Isti Hidayah, and Sri Kadarwati. 2021. “Persepsi Dan Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum.” CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education 4(1):78–83.

Patriana, Wendy Dian, Sutama Sutama, and Murfiah Dewi Wulandari. 2021. “Pembudayaan Literasi Numerasi Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Dalam Kegiatan Kurikuler Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah.” Jurnal Basicedu 5(5):3413–30.

Priyanto., Agustinalia, I. (2021) Super Sukses AKM Kelas SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Asesmen Nasional Lembar Tanya Jawab, (Online), http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2020/10/Tanya%20Jawab%20AKM.pdf, diakses 17 Maret 2022.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.