Pengaruh model pembelajaran TPS berbantuan media couple card terhadap pemahaman konsep SD

Shelvy Aleydha Pisheilla, Nur Samsiyah, Endang Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share berbantuan media couple card terhadap pemahaman konsep tema 3 siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Untuk desain penelitian menggunakan Postest Only Control Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV dari SDN Genengan 2 dan siswa kelas IV SDN Garon. Sampel penelitian adalah 40 siswa kelas IV SDN Genengan 2 dan SDN Garon. Teknik pemgumpulan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang digunakan untuk uji normalitas adalah uji liliefors dan untuk uji homogenitas menggunakan uji-f. Untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung > dari ttabel atau. 66,621 > 2,093 maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media couple card terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV sekolah dasar

Keywords


Model pembelajaran think pair share; pemahaman konsep; couple card

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian (cet. 5). Rineka Cipta.

Dasep Bayu Ahyar, E. B. (2021). Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka.

Hasan, M. et. a. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Grup.

Lubis, M. A. (2018). No Title (A. C (ed.); 1st ed.).

Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik ( Konsep dan Aplikasi). Ae Media Grafika.

Ni Putu Widiawati, K. P. (2015). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sd Di Gugus Ii Kecamatan Banjar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Ramadhani, R. (2020). Belajar dan Pembelajaran : Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Tabany. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Kencana.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Prenada media grup.

Zahroh, F. (2020). Studi Permasalahan dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan. Universitas Trunojoyo Madura, 466.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.