Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN 03 Madiun Lor

Maudi Dian Maghfira, Vivi Rulviana, Fauzatul Ma`rufah Rohmanurmeta

Abstract


Pembelajaran discovery learning bertujuan untuk mengembangkan cara belajar siswa yang dimana siswa aktif dalam menemukan dan menyelidiki pengetahuan terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SDN 03 Madiun Lor yang berjumlah 77 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Posttest Only Control Desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes. Melalui nilai posttest yang diberikan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 73,84 dan kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 80,24. Hasil nilai posttest tersebut kemudian akan dianalisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas kemudian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis menggunakan teknik Paired Two Sample For Means dengan perolehan T hitung (6,941) > T tabel (1,710) yang dimana jika T hitung > T tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD.

Keywords


Model discovery learning; Hasil belajar; Tematik

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, H. A. (2014). Pembelajaran Tematik. PT Raja Grafindo Persada.

Hazimah, N., & Muhammadi. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 1–8. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/ 2693

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Ejournal.Radenintan.Ac.Id, 2, 33–49.

Hidayani, M. (2016). PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013 Masrifa Hidayani. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 150–165.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84. https://doi.org/10.24246/j.scholaria. 2016.v6.i1.p84-92

Lia Puspita, Herpratiwi, L. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 95–111.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian (S. Media (ed.)).

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508

Putrayasa, I. M., Syahrudidin, & Margunayasa, G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/ 3087

Shilphy, A., & Octavia. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.