Implementasi Penggunaan Farming Gardening Project dalam Membangun Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Aulia Tria Handari, Erlina Sukmawati, Annisa Yulhaidir

Abstract


Farming Gardening Project merupakan metode yang digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan pembelajaran alam untuk anak. Kegiatan menanam memiliki tujuan untuk menumbuhkan rasa cinta anak terhadap makhluk hidup, khususnya tumbuhan. Melalui kegiatan menanam, anak mendapatkan pengalaman belajar secara langsung. Dalam arti anak belajar sesuatu dengan cara melakukannya terlebih dahulu. Hal tersebut akan mendorong anak untuk mendapatkan pendidikan karakter yang baik dan peduli terhadap lingkungannya. Pembentukan karakter cinta dan peduli terhadap lingkungan, diterapkan melalui program menanam dan berkebun yang dilakukan SDN Panunggangan 2 Kota Tangerang. Melalui penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan pelaksanaan Farming Gardening Project dan kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter siswa untuk peduli terhadap lingkungan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Farming Gardening Project sudah dilakukan sejak tahun 2015 yang dibuktikan dengan adanya pohon yang sudah tumbuh besar dan pelaksanaan kegiatan menanam dari mulai pembibitan hingga panen. Adapun kendala dalam implementasi kegiatan ini yaitu masih kurangnya kesadaran siswa dalam membuang sampah pada pot dan beberapa siswa kurang tertarik dengan kegiatan menanam.

Keywords


Farming Gardening Project; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Diana, Yani Putri. (2018). Penerapan Metode Farming Gardening Project dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Laboratorium Model Universitas Muhammadiyah Pontianak. Pena Kreatif Jurnal Pendidikan, 32-40.

Ilham, I. (2018). Pengaruh Metode Farming Gardening Project sebagai Solusi Pembelajaran Alam di TK Kuncup Bahari Kendari. Jurnal Smart PAUD, Vol 1. No. 1, 39-46.

Khosiah, S. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Farming Gardening Project Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Journal of Islamic Education, Vol 1, No. 1, 100-116.

Marietta, A. D. (2019). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Berkebun Kelompok B di RA PERWANIDA 4 Jakabaring Palembang. Pernik Jurnal PAUD, 52-64.

Mu'jizatin Fadiana, d. (2021). Farming Gardening Project Kegiatan Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Siswa Tuna Grahita. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1-5.

Sabardila, A. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 35-44.

Wardani, R. (2019). Pengenalan SAINS Kehidupan Melalui Sentra Berkebun untuk Anak Usia Dini di TK Anak Cerdas Ungaran. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.