Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Kelas 5 Sekolah Dasar

Indah Nur Alia Safuwan, Rissa Prima Kurniawati, Ellys Mersina Mursidik

Abstract


Matematika menyajikan berbagai materi perhitungan yang penyelesaiannya membutuhkan pemahaman. Pemahaman yang mendalam terhadap suatu materi dapat mengarahkan siswa untuk memiliki kemampuan numerasi yang baik.

 

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kelas 5 sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jumlah sampel sebanyak 3 siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah 1 Paron. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara dan dokumentasi, serta dengan teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Prosedur penelitian pada penelitian ini, meliputi persiapan, pengumpulan data, validasi data, analisis data, penarikan kesimpulan dan penyusunan laporan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa dari 3 subjek menghasilkan kemampuan numerasi yang berbeda-beda. Pada kemampuan numerasi yang tinggi terdapat 1 siswa dengan nilai 72 yang memenuhi tiga komponen proses dari indikator kemampuan numerasi yang meliputi merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil jawaban. Pada kemampuan numerasi yang sedang terdapat 1 siswa dengan nilai 63 yang memenuhi dua komponen proses dari indikator kemampuan numerasi yaitu merumuskan masalah dan menafsirkan hasil jawaban. Serta pada kemampuan numerasi yang rendah terdapat 1 siswa dengan nilai 2 yang tidak memenuhi tiga komponen proses dari indikator-indikator kemampuan numerasi.

Keywords


Kemampuan Numerasi, Soal Matematika, Kelas 5 Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., & Rusmana, I, M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 1(7), 1–7. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.

Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. 1, 263–268.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. 11(1), 27–35.

Haliana, W. O., Kadir, Kodirun, & Saleh. (2018). Kemampuan Numerik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari DItinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Disposisi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 218–228.

Larasaty, B. M., Mustiani, & Pratini, H. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta Melalui Pendekatan PMRI Berbasis PISA Pada Materi Pokok SPLDV. 622–633.

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2015). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. 3(2), 1–6.

Rahmwati, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islam, 4(1), 59–65.

Sari, D, R., Lukman, E, N., & Muharram, M. R. W. (2021). No TitlAnalisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 153–162.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Utaminingsih, R., & Subanji. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik pada Materi Program Linear dalam Pembelajaran Daring. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 2615–4072. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.