Efektivitas Penggunaan Media Pop-Up Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Di SDN Se-Wonokerto

Eka Yuniawati, Liya Atika Anggrasari, Octarina Hidayatus Solikah

Abstract


Penggunaan media pada saat melaksanakan pembelajaran dapat memberikan daya tarik bagi siswa karena adanya media siswa tidak bosan pada saat melaksanakan pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pop-up terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Wonokerto 2 dan Wonokerto 4 Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi. Poplasi dari penelitian ini sebanyak 42 siswa, sampel yang digunakan pada penelitian ini melibatkan seluruh populasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up terbukti dapat meningkatkan hasil kemampuan membaca siswa. Hasil tersebut dilihat dari uji t, diketahui bahwa thitung 4,465476032 > t tabel 2,02107539 maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima.

Keywords


Efektivitas, Media Pop-up, kemampuan Membaca

Full Text:

PDF

References


Aini, Q. ’, Almadinab, M., Safitri, V., & Mawaddah, N. (2021). Pop Up Digital Sebagai Media Untuk Menumbuhkan Motivasi Membaca Anak. Journal of Childhood Education), 5(2), 516–531.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Bella, D. N. (2019). Pengaruh Media Pop Up Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tk B. Risenologi : Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, Dan Bahasa, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2019.41.47

Elviani, D. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pop-Up Terhadap Kemampuan Membaca Cerita Murid Kelas II SD Inpres Paccinongang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi, 7(2), 44–68.

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937

Fitriani, D., & Fauzi, H. T. (2019). PENGARUH MEDIA POP UP BOOK BERBASIS CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI KELOMPOK B ( USIA 5-6 TAHUN ) DI PAUD AL-HUDA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15–26.

Hajerah, H., & Syamsuardi, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak di TK Insan Cita Kec. Masamba Kab. Luwu Utara. Seminar Nasional LP2M UNM, 633–636.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Harahap, D. P. (2020). Penggunaan Metode Silabel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Using Syllable Method in Improving Student’s Reading Skill. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Kesehatan, 1(1), 15–22. www.jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/index

Idhartono, A. R. (2017). Keefektifan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Tunagrahita Ringan di SLB. LITERATUS, 2(1), 30–42. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/lit.v2i1.19

Jannah, A. R., Hamid, L., & ... (2020). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuanmembaca Pada Anak Usia Dini. … Wutsqo Jurnal Ilmu …, 1(2), 1–17. https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/10

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Metode Membaca SAS, Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas I SDN 79 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 5(2), 149–157.

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Mardhatillah, & Trisdania, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 91–102. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/19

Marlina, L., Sartika, I. D., & Septiana, E. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah …, 1(3), 380–385. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/108%0Ahttp://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/download/108/82

Nurhaedah, S. (2021). EFEKTIVITAS MEDIA POP-UP BOOK DALAM MENIGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CERITA MURID KELAS 1 SD INPRES MINASA UPA KOTA MAKASSAR SKRIPSI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 2013–2015.

Purnamasari, D., & Sutarna, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Lensa Pendas, 5(2), 29–34. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/jlp.v5i2.1639

Rahadian, G., Rohanda, R., & Anwar, R. K. (2014). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11628

Rahmawati, N., & Komalasari, D. (2014). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pytera Harapan. Prodi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Uiversitas Negeri Surabaya, 3 No.1, 5–6.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Shim, H., Shin, N., Stern, A., Aharon, S., Binyamin, T., Karmi, A., Rotem, D., Etgar, L., Porath, D., Pradhan, B., Kumar, G. S., Sain, S., Dalui, A., Ghorai, U. K., Pradhan, S. K., Acharya, S., Quan, L. N., Rand, B. P., Friend, R. H., … Gmbh, Z. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERITA MURIDKELAS II SD INPRES PACCINONGANG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA. Advanced Optical Materials, 10(1), 1–9.

Sulistiowati, D., & Wiarsih, C. (2021). … Pendekatan CALLA (The Cognitive Academic Language Learning Approach) dan Media Pop Up Book Dalam Peningkatan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 64–73. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.835

Sunanih, S. (2017). Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 38–46. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.89

Tandungan, E. D. A. (2020). Menggunakan Media Pop Up Book Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.