Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Putri Dewita Agustina, Reynal Khoirunnisa Devi, Fitri Nurhajimah, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi tata surya pada peserta didik dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan disetiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peniungkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif kompetensi tata surya yakni rata-rata nilai pada saat pretes sebesar 54,5% meningkat menjadi 68% pada siklus I dan meningkat menjadi 76%, atau dengan kata lain siswa secara keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar diatas 70%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa IPA materi tata surya.

Keywords


Hasil belajar; Contextual teaching and learning (CTL); Tata surya

Full Text:

PDF

References


Adelia, B., & Asiyah, S. (2019). Penerapan Model Ctl (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Kemampuan Memahami Lingkungan Dan Daerah Sekitar Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Ykpp Talang Ubi Kabupaten Pali. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 4(2), 66. https://doi.org/ 10.31851/swarnabhumi. v4i2.3204

Adim, M., Sri, E., Herawati, B., Nuraya, N., Pendidikan Guru, P., & Dasar, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 3(1), 6–12.

Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). PEMBELAJARAN IPA DI SD PADA MASA COVID 19. 3, 410.

Bogor, K., & Kota, T. (2021). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK Vol. 10 No. 2, Juni 2021. 10(2).

Djoehaeni, H. (2016). the Implementation of Contextual Teaching and Learning Model in Environment Education in Kindergarten. Edutech, 15(1), 81. https://doi.org/ 10.17509/edutech.v15i1.2233

Farida, T. E. (2020). Jurnal Educatio FKIP UNMA. Jurnal Educatio, 6(1), 55–60.

Hasibuan, D. H. M. I., & Pd, M. (2014). MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) Oleh. II(01), 1–12.

Kholida, S. I., Andi, H. J., Studi, P., Fisika, P., & Madura, U. I. (2016). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN. 2(2), 166–175.

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357. https://doi.org/10.31004/basicedu. v4i4.549

Prasasti, P. A. T. (2018). Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran Ipa Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 16. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3623

Simanjuntak, A. (2017). TATA SURYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) DI KELAS VI SD NEGERI 064954 MEDAN AMPLAS T . A 2015 / 2016. 01, 35–45.

Sulistiani, I. R. (2020). Contextual Teaching and Learning ( Ctl) Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 40. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.6966

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/ jie.v2i01.175

Trisnawaty, F. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Iv Sd. Satya Widya, 33(1), 37. https://doi.org/ 10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p37-44

Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Ctl Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2561


Refbacks

  • There are currently no refbacks.