Analisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas 2 SDN 1 Tawangrejo

Ahmad Badrul Jamal, Raras Setyo Retno, Candra Dewi

Abstract


Salah satu faktor penentu yang menjadi dasar keberhasilan dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu motivasi siswa untuk belajar. Dengan adanya motivasi belajar yang baik maka proses kegiatan belajar mengajar akan menjadi lebih mudah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas 2 SDN 1 Tawangrejo dan menganalisis faktor-faktor yang mempengarui motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas 2 SDN 1 Tawangrejo. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dengan menganalisis kejadian, fenomena dan keadaan kelas dengan subjek siswa dan guru kelas 2 SDN 1 Tawangrejo. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian motivasi belajar siswa kelas 2 SDN 1 Tawangrejo sudah cukup baik di tunujukkan dengan siswa memiliki konsentrasi, rasa ingin tahu, semangat dalam belajar, kemandirian, kesiapan siswa, antusias, pantang menyerah, dan percaya diri. Dalam hal ini guru kelas sudah berusaha sangat baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode dan model yang menarik seperti: ppt interaktif, video pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran.


Keywords


Motivasi belajar; Pembelajaran tematik; Sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Aina, M., Budiarti, R. S., Muthia, G. A., & Purba, D. A. P. B. (2021). Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik SMA Pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Journal of Biology Education Research, 2(1), 1–12.http://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121

Isnawati, N., & Samian. (2010). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Journals.Ums.Ac.Id, 1, 128–144. http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/viewFile/825/548

Mayasari, F. D., Herkulana, & Purwaningsih, S. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngabang (Studi Kasus Siswa yang Tinggal Dengan Orang Tua Asuh). Universitas Tanjung Pura, 1–11.

Nutrisiana, D. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar, Cara Belajar, dan Kemampuan Sosial-Ekonomi Orang tua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MA Al-Asror Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2(2), 97–102. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj%0A.

Putri, A., & Pelipa, D. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 1(1), 11.

Ratnawati, A. (2014). Pengaruh Kesiapan Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Pada Mata Diklat Produktif Ap Di Smk Negeri 2 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 77–82.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utami, I. T., & Nurhayati, S. (2021). Jurnal Wacana Kesehatan Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Akper Dharma Wacana Student Learning Motivation in Online Learning During the Covid-19 Pandemic at Dharma Wacana Nursing Academy Utami ,. 6, 60–68.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech, 1(2), 129–136. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799.

Warman, D. (2013). Hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar Geografi kelas XI IPS di SMA N 1 Bayang kabupaten Pesisir selatan. Jurnal Pendidikan Geografi, 1st(1st), 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.