Analisis minat belajar siswa menggunakan media smart tv di Sdit Permata Ummat

Ammar Firdausi Yudapratama, Lingga Nico Pradana, Elly’s Mersina Mursidik

Abstract


Minat belajar adalah suatu kesenangan Ketika melakukan proses perubahan perilaku dan selalu ditunjukkan oleh siswa yang memiliki perhatian dan kesenangan ketika belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah utntuk menganalisis minat belajar siswa menggunakan media smart tv di SD. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V di SDIT Permata Ummat. Siswa yang dipilih diambildalam penelitian ini yaitu dipilih 1 dari 34 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu subjek 1 mengalami peningkatan minat belajar setelah menggunakan media Smart TV dalam pembelajaran di kelas meskipun subjek 1 kadang merasa bosan hanya menatap layar TV yang tidak sesuai dengan indicator. Pada penelitian ini subjek memenuhi aspek serta indicator minat belajar.


Keywords


Minat Belajar; Media; Smart TV; Siswa.

Full Text:

PDF

References


Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Dani Firmansyah. (2013). PENGARUH Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA, 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Riani, R. P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142

Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159

Gani, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1700

Amaral, G., Bushee, J., Cordani, U. G., KAWASHITA, K.Reynolds, J. H., ALMEIDA, F. F. M. D. E., de Almeida, F. F. M., Hasui, Y., de Brito Neves, B. B., Fuck, R. A., Oldenzaal, Z., Guida, A., Tchalenko, J. S., Peacock, D. C. P., Sanderson, D. J., Rotevatn, A., Nixon, C. W., Rotevatn, A., Sanderson, D. J., … Junho, M. do C. B. (2013). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.