Implementasi model TPS (Think, Pair, Share) pada pembelajaran matematika

Inggit Wahyu Larasjati

Abstract


Model TPS (Think, Pair, Share) adalah model belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan mempresentasikan bagian-bagian dari materi yang telah dipelajari. Model TPS (Think, Pair, Share) dapat membuat peserta didik berpikir secara mandiri, sistematis dan percaya diri. Dalam penelitian ini bertujuan untuk  mengidentifikasi  penggunaan Model TPS (Think, Pair, Share) pada pelajaran matematika dikelas V SDN Sogaten, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti terlibat langsung dalam pengumpulan data maupun penyajian data. Ada beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dideskripsikan dalam bentuk kalimat. Pengupulan data peneliti diperoleh melalui observasi, wawancara untuk mendapatkan data di lapangan. Penelitian ini dilakukan di SDN Sogaten Kecamatan Manguharjo Kota Madiun dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V dengan jumlah 31 siswa. Tiga analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dari pengumpulan data dan penyajian data dapat memperoleh suatu kesimpulan. Kesimpulannya adalah penggunaan Model TPS (Think, Pair, Share) pada pelajaran matematika ini sudah sesuai dengan tujuan dan hasil yang diharapkan. Siswa lebih aktif, mandiri  dan percaya diri  dengan diterapkannya model ini dan respon positif juga ditunjukkan dari guru kelas dan diharapkan sebagai model mengajar yang efektif dan efisien.

Keywords


Implementasi Model Kooperatif TPS (Think, Pair, Share); Pelajaran Matematika; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Afiatun & Putra. (2015). IMPLEMENTASI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS PROBLEM POSING (PP) PADA PEMBELAJARAN FLUIDA DINAMIS. Jurnal TPS 4(1).

Ahdhianto, E., & Marsigit. (2018). Pembelajaran dan Pemecahan Masalah. Jogjakarta:Media Akademi.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arki, H., dkk. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa). Jurnal TPS 2(18).

Azizah, D. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN STRUKTURAL METODE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal TPS 2(1).

Fathurrohman, M. (2017). Model- Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartini., dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal TPS 7(2)

Huda M. (2015). Cooperatif Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Hudojo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Mateatika. Malang:IKIP MALANG.

Isro’atun., & Rosmala, A. (2019). Model-Model Pembelajaran matematika. Yogyakarta:Bumi Aksara.

Khamid. (2014). Belajar Matematika Melalui Think, Pair, Sharepada Kelas VI SD Negri Jetis Yogjakarta. Jurnal Ilmu Guru, 1(3).

Mardodo, dkk. (2014). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE DAN LEARNING TOGETHER DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2 (5).

Moleong J. Lexy. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bogor:PT. Remaja Rodakarya.

Nazir, M. (2019). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.Sumantri. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN. Jakarta: Rajawali Pers.

Ngalimun. (2016).STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN. Yogjakarta: Aswaja Pressindo.

Trisnawati, dkk, (2014). PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS III KECAMATAN SERIRIT. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1).

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN MANAGEMEN. Bandung: Alfabeta Indonesia.

Sumantri, M. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN. Jakarta: Rajawali Pers.

Sundayana, R. (2014). MEDIA DAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Bandung: Anggota Ikatan penerbit Indonesia (IKAPI).

Runtukahu, T., & Kandou, S. (2016PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAKBERKESULITAN BELAJAR. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.