EFEKTIVITAS PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN

PROBO MAHAYU, SATRIJO BUDIWOBOWO, NUR WAHYUNING SULISTYOWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan program magang kependidikan sebagai upaya pengembangan kompetensi mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas X. Jenis penelitian ini adalah kualitatif studi kasus dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di Universitas X dengan wawancara kepada UPPL, dosen, guru, dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan program magang kependidikan dikatakan kurang efektif karena dalam pelaksanaan belum dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan. Indikator capaian kompetensi yang sudah tercapai berkaitan dengan kemampuan mahasiswa dalam menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran, menelaah perangkat evaluasi, serta mengembangkan RPP, media pembelajaran dan perangkat evaluasi.

Full Text:

PDF

References


Arslan, F. Y., & Ilin, G. (2018). The effects of teaching practicum on EFL pre-service teachers’ concerns. Journal of Language and Linguistic Studies, 14(2), 265–282. Retrieved from www.jlls.org

Eurika, N. (2016). Kemampuan Praktik Mengajar Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Biologi UNMUH Jember. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 1(2), 115–125.

Fathurrahman, & Farih, A. (2019). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Lamongan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 77–85.

Fitria, N., & Fidesrinur. (2017). Praktik Pengalaman Lapangan Studi Evaluatif Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL PG PAUD Universitas Al Azhar Indonesia Tahun 2015/2016 Nila. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(1), 41–52.

Hallaby, S. F., & Hamama, S. F. (2018). Problematika yang Dihadapi Mahasiswa Calon Guru FKIP UUniversitas Abulyatama pada Program Praktik Pengalaman Lapangan. Jurnal Pendidikan Almuslim, VI(1), 1–5. Retrieved from difficulties, student teacher, teacher training program

Hardyanto. (2009). Hambatan Pelaksanaan (PPL) Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa FBS UNNES. Lingua, 5(1), 63–71.

Hashona, A. H. (2014). Kajian Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Cendekia, 12(2), 333–351.

Hidayati, S. (2018). Permasalahan Yang Dihadapi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Selama Mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun 2018. JPEK, 2(2), 84–94.

Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT Jurnal Pengabdian Masyarakat Massenrempulu. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT Jurnal Pengabdian Masyarakat Massenrempulu, 2(1), 8–17. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Octavianingrum, D., Santosa, D. T. ., & Susantiningrum. (2014). Persepsi Guru Pamong terhadap Kompetensi Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3(2), 1–8.

Rhamayanti, Y. (2018). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Matematika. EKSAKTA Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 3(1), 65–72.

Suleman, Q., Aslam, H. D., Habib, M. B., & Gillani, S. U. A. (2011). Effectiveness of the Teacher Training Programmes Offered by Institute of Education & Research, Kohat University of Science & Technology Kohat (KHYBER PUKHTUNKHWA) PAKISTAN. International Journal of Humanities and Social Science, 1(16), 305–317.

Suwandi, J., & Sidik, R. M. (2016). Evaluasi Program Pengalaman Lapangan dalam Membekali Kompetensi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 70–79.

Ulla, M. (2016). Pre-service Teacher Training Programs in the Philippines : The Student-teachers Practicum Teaching Experience. EFL JOURNAL, 1(3), 250. https://doi.org/10.21462/eflj.v1i3.23

Utami, B. (2015). Pelaksanaan Magang Profesi Kependidikan Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP UNS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 336–343.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter