IMPLEMENTASI MIND MAPPING DALAMMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 01 WUNGU PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN

Erike Ramadhani, Muh. Waskito Ardhi, Joko Widiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 01 Wungu melalui implementasi mind mapping dalam materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April– Mei 2018 dengan tahapan pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2 dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Pra-siklus untuk mengetahui awal kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode yang biasa digunakan yakni ceramah. Siklus selanjutnya menggunakan model dan teknik mind mapping. Penelitian dihentikan apabila telah mengalami peningkatan dari hasil observasi. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan metode observasi. Kemampuan berpikir kritis yang diteliti merupakan aspek dasar yakni nterpretasi. Hasil observasi pada pra-siklus 61.80%, siklus 1 naik mencapai 63.88%, dan pada siklus 2 adalah 81.24%. Presentase kenaikan hasil observasi pada pra-siklus ke siklus 1 adalah 2.08% sedangkan pada siklus 1 ke siklus 2 adalah 17.36%. Dapat dianalisa bahwa teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam aspek mengkomunikasikan materi serta mengumpulkan fakta yang diamati observer pada pembuatan peta konsep berdasarkan materi yang telah didapatkan. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa teknik mind mapping dapat digunakan dalam pembelajaran agar siswa lebih aktif dan kreatif.


Full Text:

PDF

References


Aykac, V. (2015). An application regarding the availability of mind maps in visual art education based on active learning method . Procedia - Social and Behavioral Sciences , 1859-1866.

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hermawan, I., Kurnia, D., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Mind Map Pohon Jaringan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 1091-1100.

Hermawati, L., Sukiman, & Ivada, E. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi dengan Strategi Pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan Pembelajaran Aktif Learning Tournament pada Siswa Kelas X AK 2 SMK N 3 Surakarta. Jupe UNS, 273-283.

Murti, D. B. (2009). Seri Kuliah Budaya Ilmiah. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Berpikir Kritis (Critical Thinking).

Normaya, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama . Edu-Mat, 92-104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.