Metamorfoza Moda: Transformasi Ekonomi dan Kreativitas Entrepreneur Muda dalam Industri Fashion Berkelanjutan untuk SDGs 2030” ‘Art Cycle’

Sherley Rhamadhani Putri Annisa Priyandini, Meizapuspa Octakurnia Nurilawati, Syahwa Lila Yasmien, Muhammad Adam Doayindra Abiyu

Abstract


Industri fashion saat ini menghadapi tantangan besar dengan limbah tekstil, terutama dari tren fast fashion yang menghasilkan pakaian murah dan cepat dalam jumlah besar. Proyek "Metamorfoza Moda" bertujuan untuk mengatasi masalah ini dengan mengubah pakaian bekas menjadi produk fashion baru melalui desain lukis. Metode yang digunakan meliputi pendekatan daur ulang dan peningkatan nilai (upcycling), serta melibatkan komunitas seni lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inisiatif ini tidak hanya mengurangi limbah tekstil, tetapi juga mendorong kreativitas pengusaha muda dan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030, khususnya dalam menciptakan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Proyek ini menawarkan solusi yang kreatif dan berkelanjutan untuk masa depan industri fashion.

Keywords


Fast fashion, Limbah tekstil, Desain lukis, Fashion berkelanjutan, Kreativitas, Pengusaha muda

Full Text:

PDF

References


Handayani, B. R. (2022). ANALISIS PENGEMBANGAN DESAIN FASHION BERKELANJUTAN DI INDONESIA. Jurnal Desain & Seni, 9(1). https://doi.org/10.2241/narada.2022.v9.i1.008

Kimbarlina, V., & Enrico. (2021). PRODUK FASHION DARI LIMBAH UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN SUSTAINABLE FASHION. 2(2). https://www.jawapos.com/lifestyle/24/11/2019/

Kinasih, D. M., Ramadhani, K. W., Chairunisa, A. N., Putri, D. M., & Aswanto, H. I. (2023). Potensi Limbah Pecahan Kaca Sebagai Terrarium Kesehatan Untuk Terapi Relaksasi Dan Antiradiasi.

Kondra, W. I., Mustika, K. I., & Komalayakti Diah. (2023). Tas Kanvas Lukis dengan Perca Endek Bali dan Kain Motif Khas Lombok yang Bernilai Seni dan Ekonomis. Jurnal Penciptaan Dan Pengkajian Seni Murni, 3(1), 46–52.

Kornelis, Y. (2022). FENOMENA INDUSTRI FAST FASHION: KAJIAN HUKUM PERSPEKTIF KEKAYAAN INTELEKTUAL INDONESIA. In Journal Komunikasi Yustisia Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Ilmu Hukum (Vol. 5). https://www.edology.com/blog/fashion-media/rise-

Lukmanul Hakim, A., & Yuniarti Rusadi, E. (2022). Kritik Globalisasi: Fenomena Fast Fashion Sebagai Budaya Konsumerisme Pada Kalangan Pemuda Kota Surabaya. JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL DAN BUDAYA, 4(2).

Nidia, C., & Suhartini, R. (2020). DAMPAK FAST FASHION DAN PERAN DESAINER DALAM MENCIPTAKAN SUSTAINABLE FASHION. 09(2), 157–166.

Sayyida, S. Q., & Wardaya, M. (2022). Sustainable Fashion, Investasi pada Produk Fashion yang Berkualitas untuk Mengurangi Limbah Fashion yang Menumpuk. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 21(2), 87–91. https://doi.org/10.9744/nirmana.21.2.87-91

Sudharsana, C. ratna I. T. (2021). Tutur Bumi, Pemajuan Kebudayaan, Art Fashion (Tutur Bumi, The Advancement of Culture, Art Fashion ). Seminar Nasional Desain – SANDI 2021, 1.

Valerie Cahyadi, B., Duto Hartanto, D., & Hosana Malkisedek, M. (2024). Perancangan Thematic Fashion dengan Pemanfaatan Teknik Fabric Manipulation Dyeing dan Painting. 11(2), 355–366. https://doi.org/10.30998/jd.v11i2.17675


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604