Pemanfaatan Design Thinking dalam Proses Perancangan UX/UI Boogie Second Thrift

Candra Pamungkas, Fawwaz Naufaldini, Aditya Ramadhan, Dimas Setiawan

Abstract


Dalam era perdagangan online yang semakin pesat, bisnis fashion thrift seperti "Boogie Second Thrift" menghadapi persaingan yang ketat dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin eksklusif. Kunci kesuksesan bisnis ini terletak pada pengalaman pengguna yang unik dan memuaskan dalam proses berbelanja secara online. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan pendekatan Design Thinking dalam perancangan User Experience (UX) dan User Interface (UI) untuk "Boogie Second Thrift." Metode penelitian ini mencakup beberapa tahap penting. Pertama, tim penelitian akan memahami masalah dan tantangan yang dihadapi oleh bisnis ini. Ini akan melibatkan wawancara dengan manajemen serta analisis data pelanggan. Selanjutnya, penelitian akan mengidentifikasi kebutuhan pengguna melalui wawancara dengan pelanggan untuk memahami preferensi dan kebutuhan mereka saat berbelanja online. Langkah selanjutnya adalah generasi ide-ide kreatif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Ide-ide ini akan dikonsepkan menjadi prototipe UX/UI, termasuk elemen-elemen seperti tampilan produk, navigasi, keranjang belanja, dan proses checkout. Prototipe ini akan diuji oleh pengguna untuk mengumpulkan umpan balik dan memperbaiki desain. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan membantu "Boogie Second Thrift" dalam meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan mereka dan mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar fashion thrift yang ketat. Selain itu, pendekatan Design Thinking juga akan membantu bisnis ini menjadi lebih responsif terhadap perubahan tren dan preferensi pelanggan di masa mendatang, mengarah pada pertumbuhan yang berkelanjutan. Dengan demikian, penelitian ini memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang berarti dalam menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks dalam era perdagangan online.


Keywords


UX; UI;Bussines Model Canvas; Entrepreneurship; Bussines Analysis

References


C. Thang and R. Iswanto, “PERANCANGAN BRAND ACTIVATION UNTUK STARTR BRANDING BESERTA MEDIA PROMOSINYA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS,” J. Vicidi, vol. 13, no. 1, Jun. 2023, doi: 10.37715/VICIDI.V13I1.3948.

M. K. Pertiwi and M. Martadi, “PERANCANGAN BRAND IDENTITY UMKM JAMU SABAY,” Desgrafia, vol. 1, no. 1, pp. 199–212, Jul. 2023, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/54894.

S. Sayatman, B. M. Soewito, and N. Noordyanto, “Pengembangan Konsep Brand Identity dan Visual System ITS yang Lebih Terintegrasi,” J. Desain Idea J. Desain Prod. Ind. Inst. Teknol. Sepuluh Nop. Surabaya, vol. 20, no. 1, pp. 10–15, Jun. 2021, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://iptek.its.ac.id/index.php/idea/article/view/9329.

D. Setiawan and M. Kom, “TEORI & PRAKTIK MULTIMEDIA BISNIS.”

D. Setiawan, Y. P. Yudha, B. Saputra, M. Rizqi, and W. N. Rohman, “Implementasi Design Thinking Process Framework Dalam Content Digital Product Development Informasi LENTERA UNIPMA,” Res. J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 5, no. 2, pp. 54–60, Nov. 2022, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/RESEARCH/article/view/13494.

D. Setiawan, M. Lenawati, and A. Andria, “Analisis dan Perencanaan Race Framework Digital Marketing Strategy Pada CV. Pandawa Digital Media,” Fountain Informatics J., vol. 7, no. 3, pp. 7–11, May 2022, doi: 10.21111/FIJ.V7I3.9406.

E. S. Nugroho, R. I. Pratama, and D. Setiawan, “Prototyping Inovasi “Sobat Keling" menggunakan Design Thinking Framework,” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4197.

S. Tejo, C. Pamungkas, and D. Setiawan, “Implementasi Branding Digital “Sobat Keling",” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4231.

Y. Widya, S. Warsaa, and N. W. Kabelen, “Analisis Visual Penerapan Brand Equity Pada Video City Branding ‘Shining Batu,’” J. Desain Komun. Vis. Asia, vol. 7, no. 01, pp. 19–32, Feb. 2023, doi: 10.32815/JESKOVSIA.V7I01.915.

M. Lenawati, D. Setiawan, and ..., “Pemodelan Proses Bisnis Pengajuan Kerja Praktek Menggunakan BPMN,” … (Seminar Nas. Has. …, pp. 138–145, 2022, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/2285%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/viewFile/2285/1941.

D. Setiawan and M. Kom, “HUMAN COMPUTER INTERACTION 5.0,” Accessed: Dec. 30, 2023. [Online]. Available: www.kwu.unipma.ac.id.

“Kewirausahaan ‘Kebal Hadapi Ancaman Resesi Global 2023’ - Reza Kurniawan, Anang Martoyo, Prima Nanda Fauziah, Jumriani Jumriani, Nining Latianingsih, Muhammad Satar, Ujang Syaifudin Sumaji, Dimas Setiawan, Leni Susanti, Ridho Pamungkas - Google Books.” https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=IjW-EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:E6t_bQvyQiIJ:scholar.google.com&ots=QdIMfNGRJN&sig=JuRgpXpXZ1_4JPpuxAouCXLxXew&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false (accessed Dec. 30, 2023).

D. Setiawan, M. Lenawati, and R. Pamungkas, “Implementasi Branding Digital UMKM KingKong Macaroni,” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604