Strategi perancangan produk multimedia bisnis Sehaty Healty Food dengan Model AIDA

Angga Riyandi Saputra, Muhammad Zahid Abid, Dimas Setiawan

Abstract


Dalam era digital dan persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan makanan seperti "Sehaty Healthy Food" perlu mengembangkan strategi perancangan produk multimedia yang efektif untuk menjangkau konsumen potensial. Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dapat menjadi pendekatan yang relevan dalam merancang konten multimedia yang mampu menarik perhatian, membangkitkan minat, menciptakan keinginan, dan mendorong tindakan pembelian. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk memahami bagaimana model AIDA dapat diterapkan secara efektif dalam merancang produk multimedia bisnis "Sehaty Healthy Food," yang akan membantu meningkatkan daya tarik dan konversi konsumen dalam industri makanan sehat yang semakin kompetitif.Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui studi literatur tentang Model AIDA dan penelitian terkait, serta data internal perusahaan "Sehaty Healthy Food" seperti profil konsumen dan konten multimedia yang telah ada. Hasil dari analisis data ini membantu merancang produk multimedia yang sesuai dengan tahap-tahap Model AIDA. Produk multimedia ini mencakup video promosi, materi foto produk, ulasan pelanggan, dan konten interaktif.Implementasi produk multimedia ini dalam strategi pemasaran "Sehaty Healthy Food" menghasilkan peningkatan signifikan dalam tingkat kunjungan situs web, interaksi sosial media, dan tingkat konversi penjualan. Produk multimedia yang paling efektif adalah ulasan pelanggan dan konten interaktif.Kesimpulannya, penggunaan Model AIDA dalam perancangan produk multimedia bisnis "Sehaty Healthy Food" telah membuktikan keberhasilannya dalam meningkatkan daya tarik dan konversi konsumen. Strategi ini menjadi aset berharga dalam pemasaran produk makanan sehat dan mendorong pertumbuhan bisnis di era digital yang kompetitif.


Keywords


Bussines Model Canvas, Entrepreneurship, Bussines Analysis, AIDA, Multimedia Bisnis

References


C. Thang and R. Iswanto, “PERANCANGAN BRAND ACTIVATION UNTUK STARTR BRANDING BESERTA MEDIA PROMOSINYA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS,” J. Vicidi, vol. 13, no. 1, Jun. 2023, doi: 10.37715/VICIDI.V13I1.3948.

M. K. Pertiwi and M. Martadi, “PERANCANGAN BRAND IDENTITY UMKM JAMU SABAY,” Desgrafia, vol. 1, no. 1, pp. 199–212, Jul. 2023, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/54894.

S. Sayatman, B. M. Soewito, and N. Noordyanto, “Pengembangan Konsep Brand Identity dan Visual System ITS yang Lebih Terintegrasi,” J. Desain Idea J. Desain Prod. Ind. Inst. Teknol. Sepuluh Nop. Surabaya, vol. 20, no. 1, pp. 10–15, Jun. 2021, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://iptek.its.ac.id/index.php/idea/article/view/9329.

D. Setiawan and M. Kom, “TEORI & PRAKTIK MULTIMEDIA BISNIS.”

D. Setiawan, Y. P. Yudha, B. Saputra, M. Rizqi, and W. N. Rohman, “Implementasi Design Thinking Process Framework Dalam Content Digital Product Development Informasi LENTERA UNIPMA,” Res. J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 5, no. 2, pp. 54–60, Nov. 2022, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/RESEARCH/article/view/13494.

D. Setiawan, M. Lenawati, and A. Andria, “Analisis dan Perencanaan Race Framework Digital Marketing Strategy Pada CV. Pandawa Digital Media,” Fountain Informatics J., vol. 7, no. 3, pp. 7–11, May 2022, doi: 10.21111/FIJ.V7I3.9406.

E. S. Nugroho, R. I. Pratama, and D. Setiawan, “Prototyping Inovasi “Sobat Keling" menggunakan Design Thinking Framework,” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4197.

S. Tejo, C. Pamungkas, and D. Setiawan, “Implementasi Branding Digital “Sobat Keling",” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4231.

Y. Widya, S. Warsaa, and N. W. Kabelen, “Analisis Visual Penerapan Brand Equity Pada Video City Branding ‘Shining Batu,’” J. Desain Komun. Vis. Asia, vol. 7, no. 01, pp. 19–32, Feb. 2023, doi: 10.32815/JESKOVSIA.V7I01.915.

M. Lenawati, D. Setiawan, and ..., “Pemodelan Proses Bisnis Pengajuan Kerja Praktek Menggunakan BPMN,” … (Seminar Nas. Has. …, pp. 138–145, 2022, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/2285%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/viewFile/2285/1941.

D. Setiawan and M. Kom, “HUMAN COMPUTER INTERACTION 5.0,” Accessed: Dec. 30, 2023. [Online]. Available: www.kwu.unipma.ac.id.

“Kewirausahaan ‘Kebal Hadapi Ancaman Resesi Global 2023’ - Reza Kurniawan, Anang Martoyo, Prima Nanda Fauziah, Jumriani Jumriani, Nining Latianingsih, Muhammad Satar, Ujang Syaifudin Sumaji, Dimas Setiawan, Leni Susanti, Ridho Pamungkas - Google Books.” https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=IjW-EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:E6t_bQvyQiIJ:scholar.google.com&ots=QdIMfNGRJN&sig=JuRgpXpXZ1_4JPpuxAouCXLxXew&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false (accessed Dec. 30, 2023).

D. Setiawan, M. Lenawati, and R. Pamungkas, “Implementasi Branding Digital UMKM KingKong Macaroni,” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604