Mengurangi Dampak Negatif Industri Fashion Melalui Bisnis Thrift: Analisis Strategi Pengembangan Boogie Second Thrift dengan BMC

Fawwaz Naufaldini, Candra Pamungkas, Andika Agustrianto, Dimas Setiawan

Abstract


Industri fashion konvensional telah menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan, termasuk peningkatan limbah, polusi, dan penggunaan sumber daya yang terus meningkat. Dalam konteks ini, bisnis pakaian bekas atau thrift second menjadi solusi yang semakin populer bagi konsumen yang peduli lingkungan dan ingin meminimalisir dampak negatif industri fashion."Boogie Second Thrift" adalah sebuah usaha yang berfokus pada penjualan pakaian bekas berkualitas dengan harga terjangkau. Usaha ini tidak hanya menguntungkan secara finansial tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dengan memperpanjang siklus hidup barang, mengurangi konsumsi sumber daya, dan emisi karbon yang diperlukan untuk produksi barang baru. Metode penelitian dalam pengembangan rencana bisnis "Boogie Second Thrift" menggunakan Model Bisnis Kanvas (BMC) melalui serangkaian tahapan yang sistematis. Identifikasi mitra kunci, aktivitas kunci, sumber daya kunci, proposisi nilai, hubungan pelanggan, segmen pelanggan, saluran, struktur biaya, dan aliran pendapatan menjadi elemen-elemen penting yang dianalisis. Hasil dari BMC "Boogie Second Thrift" menunjukkan bahwa bisnis ini memiliki tujuan mulia dalam mengurangi limbah pakaian dan mendukung gaya hidup berkelanjutan. Karakteristik calon konsumen potensial adalah individu yang peduli tentang lingkungan dan mencari pakaian berkualitas dengan harga terjangkau. Keunikan produk terletak pada koleksi pakaian bekas yang unik dan terawat dengan baik. Strategi pemasaran "Boogie Second Thrift" menggunakan platform digital dan media sosial untuk menyuarakan nilai-nilai berkelanjutan dan menarik konsumen yang peduli terhadap lingkungan. Model bisnis ini menciptakan landasan yang kokoh dengan mengintegrasikan aspek fisik dan online serta menawarkan nilai tambah melalui pengalaman pertunjukan musik langsung. Dengan demikian, "Boogie Second Thrift" merupakan contoh bisnis yang tidak hanya menguntungkan secara finansial tetapi juga berkontribusi positif terhadap lingkungan, memenuhi target SDGs, dan memadukan inovasi dalam industri fashion.


Keywords


Bussines Model Canvas, Entrepreneurship, Bussines Analysis

References


C. Thang and R. Iswanto, “PERANCANGAN BRAND ACTIVATION UNTUK STARTR BRANDING BESERTA MEDIA PROMOSINYA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS,” J. Vicidi, vol. 13, no. 1, Jun. 2023, doi: 10.37715/VICIDI.V13I1.3948.

M. K. Pertiwi and M. Martadi, “PERANCANGAN BRAND IDENTITY UMKM JAMU SABAY,” Desgrafia, vol. 1, no. 1, pp. 199–212, Jul. 2023, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/54894.

S. Sayatman, B. M. Soewito, and N. Noordyanto, “Pengembangan Konsep Brand Identity dan Visual System ITS yang Lebih Terintegrasi,” J. Desain Idea J. Desain Prod. Ind. Inst. Teknol. Sepuluh Nop. Surabaya, vol. 20, no. 1, pp. 10–15, Jun. 2021, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://iptek.its.ac.id/index.php/idea/article/view/9329.

D. Setiawan and M. Kom, “TEORI & PRAKTIK MULTIMEDIA BISNIS.”

D. Setiawan, Y. P. Yudha, B. Saputra, M. Rizqi, and W. N. Rohman, “Implementasi Design Thinking Process Framework Dalam Content Digital Product Development Informasi LENTERA UNIPMA,” Res. J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 5, no. 2, pp. 54–60, Nov. 2022, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/RESEARCH/article/view/13494.

D. Setiawan, M. Lenawati, and A. Andria, “Analisis dan Perencanaan Race Framework Digital Marketing Strategy Pada CV. Pandawa Digital Media,” Fountain Informatics J., vol. 7, no. 3, pp. 7–11, May 2022, doi: 10.21111/FIJ.V7I3.9406.

E. S. Nugroho, R. I. Pratama, and D. Setiawan, “Prototyping Inovasi “Sobat Keling" menggunakan Design Thinking Framework,” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4197.

S. Tejo, C. Pamungkas, and D. Setiawan, “Implementasi Branding Digital “Sobat Keling",” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4231.

Y. Widya, S. Warsaa, and N. W. Kabelen, “Analisis Visual Penerapan Brand Equity Pada Video City Branding ‘Shining Batu,’” J. Desain Komun. Vis. Asia, vol. 7, no. 01, pp. 19–32, Feb. 2023, doi: 10.32815/JESKOVSIA.V7I01.915.

M. Lenawati, D. Setiawan, and ..., “Pemodelan Proses Bisnis Pengajuan Kerja Praktek Menggunakan BPMN,” … (Seminar Nas. Has. …, pp. 138–145, 2022, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/2285%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/viewFile/2285/1941.

D. Setiawan and M. Kom, “HUMAN COMPUTER INTERACTION 5.0,” Accessed: Dec. 30, 2023. [Online]. Available: www.kwu.unipma.ac.id.

“Kewirausahaan ‘Kebal Hadapi Ancaman Resesi Global 2023’ - Reza Kurniawan, Anang Martoyo, Prima Nanda Fauziah, Jumriani Jumriani, Nining Latianingsih, Muhammad Satar, Ujang Syaifudin Sumaji, Dimas Setiawan, Leni Susanti, Ridho Pamungkas - Google Books.” https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=IjW-EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:E6t_bQvyQiIJ:scholar.google.com&ots=QdIMfNGRJN&sig=JuRgpXpXZ1_4JPpuxAouCXLxXew&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false (accessed Dec. 30, 2023).

D. Setiawan, M. Lenawati, and R. Pamungkas, “Implementasi Branding Digital UMKM KingKong Macaroni,” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604