Transformasi Kuliner Sehat: Analisis Bisnis dan Model Pengembangan 'SEHATI' Healthy Food"

Dhea Adira Titania, Elipatma Elipatma, Diva Yuannisa Nur Berlian, Dimas Setiawan

Abstract


 Dalam era perkembangan zaman yang dinamis dan tuntutan produktivitas yang tinggi, makanan cepat saji telah merajalela di kalangan pekerja kantor, menyebabkan kurangnya kesadaran tentang makanan sehat dan peningkatan penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan kolestrol. "SEHATI" Healthy Food di Kota Madiun berupaya mengatasi masalah ini dengan menawarkan makanan sehat yang berkualitas dan lezat.Usaha "SEHATI" berfokus pada penyediaan makanan sehat. Meskipun kota ini memiliki banyak rumah makan, makanan sehat masih jarang. "SEHATI" mencoba mengubah pandangan ini dengan menyajikan makanan sehat yang enak. Filosofi "SEHATI" menggabungkan "sehat" dan "hati," mencerminkan perhatian terhadap kesehatan konsumen.Metodenya mencakup analisis perilaku konsumen, identifikasi pasar, dan analisis pesaing. Mereka berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan makanan sehat, menggabungkan preferensi konsumen dalam pengolahan makanan yang higienis dengan perhatian pada nutrisi.Hasilnya adalah model bisnis kanvas yang mencakup aspek-aspek kunci bisnis. Mereka menawarkan makanan sehat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, mempromosikannya melalui media sosial, dan mendapatkan pendapatan dari modal awal serta kerjasama.Kesimpulannya, "SEHATI 'Healthy Food'" memiliki model bisnis yang terstruktur dengan baik, fokus pada makanan sehat, dan berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya makanan berkualitas untuk kesehatan.

Keywords


Bussines Model Canvas, Entrepreneurship, Bussines Analysis

References


C. Thang and R. Iswanto, “PERANCANGAN BRAND ACTIVATION UNTUK STARTR BRANDING BESERTA MEDIA PROMOSINYA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS,” J. Vicidi, vol. 13, no. 1, Jun. 2023, doi: 10.37715/VICIDI.V13I1.3948.

M. K. Pertiwi and M. Martadi, “PERANCANGAN BRAND IDENTITY UMKM JAMU SABAY,” Desgrafia, vol. 1, no. 1, pp. 199–212, Jul. 2023, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/54894.

S. Sayatman, B. M. Soewito, and N. Noordyanto, “Pengembangan Konsep Brand Identity dan Visual System ITS yang Lebih Terintegrasi,” J. Desain Idea J. Desain Prod. Ind. Inst. Teknol. Sepuluh Nop. Surabaya, vol. 20, no. 1, pp. 10–15, Jun. 2021, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: https://iptek.its.ac.id/index.php/idea/article/view/9329.

D. Setiawan and M. Kom, “TEORI & PRAKTIK MULTIMEDIA BISNIS.”

D. Setiawan, Y. P. Yudha, B. Saputra, M. Rizqi, and W. N. Rohman, “Implementasi Design Thinking Process Framework Dalam Content Digital Product Development Informasi LENTERA UNIPMA,” Res. J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 5, no. 2, pp. 54–60, Nov. 2022, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/RESEARCH/article/view/13494.

D. Setiawan, M. Lenawati, and A. Andria, “Analisis dan Perencanaan Race Framework Digital Marketing Strategy Pada CV. Pandawa Digital Media,” Fountain Informatics J., vol. 7, no. 3, pp. 7–11, May 2022, doi: 10.21111/FIJ.V7I3.9406.

E. S. Nugroho, R. I. Pratama, and D. Setiawan, “Prototyping Inovasi “Sobat Keling" menggunakan Design Thinking Framework,” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4197.

S. Tejo, C. Pamungkas, and D. Setiawan, “Implementasi Branding Digital “Sobat Keling",” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4231.

Y. Widya, S. Warsaa, and N. W. Kabelen, “Analisis Visual Penerapan Brand Equity Pada Video City Branding ‘Shining Batu,’” J. Desain Komun. Vis. Asia, vol. 7, no. 01, pp. 19–32, Feb. 2023, doi: 10.32815/JESKOVSIA.V7I01.915.

M. Lenawati, D. Setiawan, and ..., “Pemodelan Proses Bisnis Pengajuan Kerja Praktek Menggunakan BPMN,” … (Seminar Nas. Has. …, pp. 138–145, 2022, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/2285%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/viewFile/2285/1941.

D. Setiawan and M. Kom, “HUMAN COMPUTER INTERACTION 5.0,” Accessed: Dec. 30, 2023. [Online]. Available: www.kwu.unipma.ac.id.

“Kewirausahaan ‘Kebal Hadapi Ancaman Resesi Global 2023’ - Reza Kurniawan, Anang Martoyo, Prima Nanda Fauziah, Jumriani Jumriani, Nining Latianingsih, Muhammad Satar, Ujang Syaifudin Sumaji, Dimas Setiawan, Leni Susanti, Ridho Pamungkas - Google Books.” https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=IjW-EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:E6t_bQvyQiIJ:scholar.google.com&ots=QdIMfNGRJN&sig=JuRgpXpXZ1_4JPpuxAouCXLxXew&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false (accessed Dec. 30, 2023).

D. Setiawan, M. Lenawati, and R. Pamungkas, “Implementasi Branding Digital UMKM KingKong Macaroni,” Pros. SENDIKO (Seminar Nas. Has. Penelit. Pengabdi. Masy. Bid. Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Aug. 2023, Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/4198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604